Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PT NHM Pimpinan Haji Robert Raih Sertifikasi Internasional, Bukti Komitmen pada K3 dan Lingkungan

PT NHM telah resmi melakukan integrasi sistem kerja antara ISO Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 dengan ISO Sistem Manajemen Kesehatan

Penulis: Vincentius Haru Pamungkas
Editor: Anniza Kemala
zoom-in PT NHM Pimpinan Haji Robert Raih Sertifikasi Internasional, Bukti Komitmen pada K3 dan Lingkungan
dok. PT NHM
PT NHM telah resmi melakukan integrasi sistem kerja antara ISO Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 dengan ISO Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja/K3 ISO 45001 (dok. PT NHM) 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan dan keselamatan pekerja, PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), salah satu perusahaan tambang terbesar di Maluku Utara, berhasil melakukan integrasi sistem kerja antara ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) dengan ISO 45001 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja/K3). Integrasi ini telah resmi diterapkan sejak Januari 2024.

Sertifikasi internasional ini diperoleh setelah melalui serangkaian audit eksternal dilakukan oleh tim auditor dari TSI Sertifikasi Internasional pada 20-22 Agustus 2024. TSI, sebagai salah satu badan sertifikasi terkemuka di Indonesia, mengirimkan auditor Kristiawan Hartanto, Luhut Martahi Tumbur, dan Susmoyo Adi yang langsung mengunjungi Tambang Emas Gosowong. Mereka didampingi jajaran manajemen, terutama dari Departemen Lingkungan (Environment) dan Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHS/K3).

"Penerapan ISO ini dimulai dari menentukan konteks organisasi, perencanaan, hingga implementasi dan corrective action plan. Sertifikasi ini merupakan bonus dari keberhasilan implementasi ISO di NHM," ujar Manajer Environment NHM Widi Wijaya.

Widi menerangkan bahwa kebutuhan Perusahaan untuk bergerak maju dalam pengelolaan Aspek K3 dan Lingkungan menjadi dasar penerapan ISO 14001 dan 45001.

Proses implementasi ISO 14001 & 45001 dimulai dari identifikasi risiko, perencanaan yang matang, hingga pelaksanaan dan evaluasi secara berkala. Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dalam proses implementasi K3 dan Lingkungan.

PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) berkomitmen melaksanakan green mining yang memedulikan aspek sosial dan lingkungan.
PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) berkomitmen melaksanakan green mining yang memedulikan aspek sosial dan lingkungan. 

Baca juga: Terapkan Kaidah Pertambangan yang Baik, Tambang Emas Milik Haji Robert Sabet 3 Penghargaan GMP Award

“Rangkaian proses pengembangan, implementasi hingga siap untuk sertifikasi memerlukan di NHM sendiri memakan waktu lebih dari 6 bulan. Raihan sertifikasi ISO ini membuat NHM memiliki keunggulan/pengakuan bahwa Perusahaan sudah menerapkan ISO dan diakui secara Internasional karena secara periodik diaudit oleh badan sertifikasi ternama,” tambah Widi.

Manajer OHS NHM, dr. Kuncoro, menambahkan bahwa program K3 dan lingkungan merupakan bagian dari Kaidah Pertambangan yang Baik (Good Mining Practice). 

BERITA REKOMENDASI

Dengan diraihnya sertifikasi ISO 14001 dan 45001, PT NHM makin memperkuat posisinya sebagai perusahaan tambang yang mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan lingkungan dalam operasionalnya.

“Dalam melakukan operasional pertambangan, kita sudah dan terus memenuhi regulasi Pemerintah khususnya dari Kementerian ESDM melalui Sistem Manajemen K3 dan Sistem Manajemen Lingkungan. Integrasi sistem ISO 45001 & ISO 14001 merupakan suatu pengakuan internasional dimana praktik-praktik Pengelolaan Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan sudah diterapkan dengan baik. Pencapaian ini diraih atas komitmen Manajemen dan keterlibatan seluruh karyawan/mitra kerja NHM,” pungkasnya.

Baca juga: Berkomitmen Dukung SDGs, PT NHM Pimpinan Haji Robert Lolos 4 Nominasi Penghargaan di GMP Award 2024

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas