Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Fun Run and Walk HBN 2024, Menperin: Batik dan Gaya Hidup Sehat Perpaduan Menarik

Agus Gumiwang, menyampaikan peringatan HBN 2024 yang mengusung batik dan gaya hidup sehat menjadi perpaduan menarik melestarikan budaya nasional.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Fun Run and Walk HBN 2024, Menperin: Batik dan Gaya Hidup Sehat Perpaduan Menarik
Tribunnews.com
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara Fun Run and Walk Hari Batik Nasional 2024. 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memperingati Hari Batik Nasional (HBN) 2024, Kementerian Perindustrian bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) menyelenggarakan Fun Run and Walk di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Minggu (6/10/2024).

Acara yang diikuti oleh ratusan pegawai Kementerian Perindustrian dan YBI tersebut berlangsung meriah, dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie.

Menperin Agus Gumiwang, menyampaikan peringatan HBN 2024 yang mengusung batik dan gaya hidup sehat menjadi perpaduan menarik melestarikan budaya nasional.

Baca juga: Pameran Modifikasi di ICE BSD Resmi Dibuka, Ini Harapan Menperin Agus Gumiwang

"Saya kira batik sama lari merupakan sebuah paduan yang cukup menarik. Dimana yang pertama kita mencoba untuk melestarikan budaya nasional berupa batik dan dipadukan dengan hidup sehat," tutur Agus saat membuka Fun Run and Walk HBN 2024 di GBK, Minggu (6/10/2024).

Transformasi batik yang menjadi bagian dari lifestyle dan dapat dipadupadankan ke berbagai kegiatan formal maupun non formal sesuai dengan perkembangan gaya hidup sehat.

Baca juga: Buka Pameran Terbesar di ASEAN, Menperin: Industri Modifikasi Otomotif Miliki Potensi Besar

BERITA REKOMENDASI

"Kita lihat bahwa batik tidak hanya terbatas untuk kegiatan-kegiatan kantor, untuk kegiatan-kegiatan resmi kita juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak resmi kegiatan-kegiatan santai dengan menggunakan pakaian-pakaian yang bermotif batik. Kita lihat semua ini betul-betul keren," ungkap Agus.

Kegiatan melestarikan batik melalui event yang berbeda seperti Fun Run and Walk menjadi cara baru menyematkan budaya ke berbagai agenda.

"Saya kira ini tradisi yang harus kita pertahankan dalam merayakan Hari Batik Nasional, dengan memadukan bagaimana kita bisa melindungi dan melestarikan batik nusantara, batik nasional dari setiap wilayah dan juga mengupayakan agar masyarakat hidup sehat," kata Menperin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas