Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Waspada, Modus Penipuan Iklan Penawaran Paylater dan Kartu Kredit yang Mengatasnamakan BCA

Media sosial seringkali dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan online. Modus mereka bervariasi, tapi tujuannya

zoom-in Waspada, Modus Penipuan Iklan Penawaran Paylater dan Kartu Kredit yang Mengatasnamakan BCA
Shutterstock
Ilustrasi penipuan online paylater. 

TRIBUNNEWS.COM -  Media sosial seringkali dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan online. Modus mereka bervariasi, tapi tujuannya sama: mencuri data pribadi perbankan kamu.

Bahkan akhir-akhir ini, banyak akun palsu yang memberikan tawaran menggiurkan untuk pengajuan paylater dan kartu kredit.  

Paylater memang menjadi salah satu pilihan populer bagi banyak orang, karena kamu bisa membeli barang sekarang dan membayarnya kemudian, tanpa perlu mengeluarkan uang di awal. 

Begitu juga dengan kartu kredit. Alat pembayaran ini lebih dulu populer dan masih banyak digunakan karena memberikan kemudahan untuk berbelanja tanpa harus membawa uang tunai dan pembayarannya belakangan. 

Dengan segala kemudahan dan fleksibilitasnya, tidak sedikit orang yang tertarik untuk memiliki paylater maupun kartu kredit. Namun, pihak-pihak yang tak bertanggung jawab sering memanfaatkan ketertarikan ini untuk menawarkan paylater dan kartu kredit palsu dengan janji-janji menarik, yang pada akhirnya bisa menimbulkan kerugian besar bagi pengguna. 

Waspada Penawaran Paylater dan Kartu Kredit yang Mengatasnamakan BCA!

Bicara soal penawaran paylater dan kartu kredit palsu, akhir-akhir ini banyak beredar iklan penipuan yang mengatasnamakan Bank BCA di platform media sosial Instagram.

BERITA REKOMENDASI

Umumnya, para penipu menggunakan nama akun yang menyerupai akun resmi BCA (@Goodlifebca) untuk menyebarkan iklan ajakan untuk apply Paylater BCA, apply atau upgrade Kartu Kredit BCA, dan lain-lain. 

Dengan iklan penipuan tersebut, para pelaku bertujuan untuk mendapatkan info pribadi perbankan milikmu, lalu menyalahgunakannya untuk melakukan transaksi ilegal yang merugikan. Contohnya adalah memanfaatkan data pribadi kamu untuk melakukan pembelian di e-commerce, hingga membobol rekening BCA dan menguras uang yang kamu miliki. 

Baca juga: Waspada Penipuan Lokasi Cabang dan Nomor Kontak BCA di Google Maps, Ini Tips Menghindarinya!

Agar tidak terkecoh, cek beberapa contoh posting penipuannya berikut ini!


Contoh iklan penipuan penawaran Paylater BCA

 


Contoh iklan penipuan penawaran Kartu Kredit BCA

Sekilas, iklan-iklan tersebut memang terlihat cukup meyakinkan dan terkesan berasal dari akun resmi BCA bukan? Nah, di sinilah kamu harus waspada! Untuk menghindari modus penipuan dari akun-akun bodong ini, yuk simak tips berikut:

  1. Cek Akun Resmi
    Akun Instagram resmi Bank BCA adalah @goodlifebca dengan tanda verified (disertai dengan centang biru). Cek juga akun resmi BCA lainnya di sini. Karena itu, selalu pastikan sumber iklan yang kamu lihat berasal dari akun resmi. Jika kamu menemukan kejanggalan dari akun tersebut, langsung skip!
  2. Jangan Sembarangan Klik Link
    Jangan langsung klik “Learn More” atau “Sign Up” dari link yang mencurigakan. Biasanya, link ini akan mengarahkan kamu ke chat atau website yang menyerupai WhatsApp BCA atau situs BCA palsu. Beberapa tautan tersebut bahkan bisa berupa malware yang mencuri data kamu.
  3. Jaga Data Pribadi 
    Jangan sembarangan memberikan data pribadi, terutama di internet dan media sosial. Selalu jaga kerahasiaan data pribadimu, termasuk nomor kartu debit dan kartu kredit, PIN, CVV/CVC, dan OTP.

Baca juga: The New Gebyar Hadiah BCA Sediakan Mobil dan Motor Mewah untuk Puluhan Nasabah Setia

Dengan tips di atas, sekarang kamu bisa lebih berhati-hati dan terhindar dari iklan penipuan penawaran Paylater BCA dan Kartu Kredit BCA. 

Kalau kamu menemukan akun yang mencurigakan, langsung laporkan ke Instagram agar akun mereka di-takedown, lihat caranya di sini. Khusus penipuan yang mengatasnamakan BCA, kamu bisa melaporkan ke Halo BCA di 1500888.

Yuk, kita laporkan bersama modus-modus iklan penipuan penawaran Paylater BCA dan Kartu Kredit BCA! Dengan melaporkan akun-akun tersebut, kamu akan turut membantu banyak orang untuk menghindari modus penipuan yang serupa. Cek juga info tentang tips bagaimana menghadapi modus penipuan lainnya di sini.

Penulis: M. Fitrah Habibullah | Editor: Anniza Kemala

Baca juga: Buka Jalan Mudahkan Transaksi, Perkenalkan ini Aplikasi Merchant BCA untuk Para Pengusaha!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas