Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Israel Serang Iran, Apa Dampaknya terhadap Harga Minyak Dunia?

Harga minyak dunia diprediksi akan turun saat perdagangan dilanjutkan pada Senin pekan depan, imbas serangan balasan Israel

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
zoom-in Israel Serang Iran, Apa Dampaknya terhadap Harga Minyak Dunia?
AFP/ATTA KENARE
Pemandangan umum Teheran setelah beberapa ledakan terdengar di Teheran pada 26 Oktober 2024. - Israel mengumumkan peluncuran "serangan tepat sasaran" terhadap target militer di Iran pada 26 Oktober 2024, sebagai balasan atas serangan terhadapnya, sementara media pemerintah Iran melaporkan beberapa ledakan di sekitar ibu kota. Televisi pemerintah Iran mengatakan pada 26 Oktober 2024, "ledakan kuat" terdengar di sekitar ibu kota Teheran, tanpa menyebutkan penyebab ledakan tersebut. (Photo by ATTA KENARE / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Harga minyak dunia diprediksi akan turun saat perdagangan dilanjutkan pada Senin pekan depan, imbas serangan balasan Israel terhadap Iran selama akhir pekan ini.

Mengutip Reuters pada Minggu (27/10/2024), para analis mengatakan serangan Israel terhadap Iran di akhir pekan melewati infrastruktur minyak dan nuklir Teheran dan tidak mengganggu pasokan energi.

"Pasar dapat bernapas lega, hal yang tidak diketahui yang merupakan respons Israel terhadap Iran telah teratasi," kata Harry Tchilinguirian, kepala kelompok penelitian di Onyx di LinkedIn.

Baca juga: Serangan Israel ke Iran Tewaskan Empat Tentara 

Harga minyak mentah berjangka Brent dan West Texas Intermediate AS naik 4 persen minggu lalu dalam perdagangan yang bergejolak, karena pasar memperhitungkan ketidakpastian seputar sejauh mana respons Israel terhadap serangan rudal Iran pada 1 Oktober dan pemilihan umum AS bulan depan.

Puluhan jet Israel menyelesaikan tiga gelombang serangan sebelum fajar pada hari Sabtu terhadap pabrik rudal dan lokasi lain di dekat Teheran di Iran barat.

"Israel menyerang setelah kepergian Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dan pemerintah AS tidak dapat mengharapkan hasil yang lebih baik dengan pemilihan umum AS yang kurang dari dua minggu lagi," kata Tchilinguirian.

Tchilinguirian memperkirakan premi risiko geopolitik yang telah tertanam dalam harga minyak akan menurun dengan cepat dengan Brent kembali mendekati 74-75 dolar AS per barel.

BERITA REKOMENDASI

Iran pada hari Sabtu mengecilkan serangan udara Israel semalam terhadap target militer Iran dan mengatakan bahwa serangan itu hanya menyebabkan kerusakan terbatas.

Baca juga: Di Balik Layar Serangan Israel ke Iran: Butakan Radar Teheran di Suriah, Jet F-35 Hajar S-300 Rusia

"Israel tidak menyerang infrastruktur minyak, dan laporan bahwa Iran tidak akan menanggapi serangan itu menghilangkan unsur ketidakpastian," kata Tony Sycamore, analis pasar IG di Sydney.

"Sangat mungkin kita melihat reaksi seperti 'beli rumor, jual fakta' ketika pasar berjangka minyak mentah dibuka kembali besok," katanya, seraya menambahkan bahwa WTI mungkin kembali ke level 70 dolar AS per barel.

Analis komoditas UBS Giovanni Staunovo juga memperkirakan harga minyak akan tertekan pada hari Senin karena respons Israel terhadap serangan Iran tampaknya telah terkendali.

"Tetapi saya memperkirakan reaksi penurunan seperti itu hanya bersifat sementara, karena saya yakin pasar tidak memperhitungkan premi risiko yang besar," tambahnya.


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas