Tribun

Virus Corona

Pesawat Hercules TNI AU Akan Angkut 9 Ton Alkes Dari Shanghai

TNI Angkatan Udara (AU) memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules ke Shanghai, China.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Pesawat Hercules TNI AU Akan Angkut 9 Ton Alkes Dari Shanghai
TRIBUNBATAM/ARGI
Anggota TNI melakukan kesiapan evakuasi WNI menggunakan pesawat milik TNI AU di Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (1/2/2020). TNI AU menyiapkan tiga alutsista yang terdiri dari satu unit pesawat hercules tipe C-130 dan dua pesawat boing 737-400 untuk membawa WNI dari Batam menuju Natuna. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) memberangkatkan pesawat angkut berat C130 Hercules ke Shanghai, China.

Pesawat itu mengangkut logistik kesehatan hingga alat kesehatan yang telah dibeli oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan, pesawat C130 Hercules akan mengangkut logistik kesehatan sebanyak 9 ton.

"(Mengangkut,red) logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah seberat kurang lebih 9 ton," kata Fajar Adriyanto saat dikonfirmasi, Sabtu (21/3/2020).

Baca: Komisi IX Prihatin Banyak Petugas Kesehatan Sulap Jas Hujan Jadi APD

Fajar menemambahkan, pesawat C130 Hercules telah diberangkatkan dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, Sabtu (21/3/2020) pagi.

"Sesuai surat permohonan Menhan RI Prabowo Subiyanto, TNI AU telah memberangkatkan satu unit pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Sabtu, 21 Maret 2020," ucapnya.

Ia menjelaskan, pesawat dengan nomor registrasi A-1333 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo, lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB.

Penerbangan ini melibatkan sebanyak 20 kru pesawat dan pendukung turut serta dalam misi ini, beserta dua personel dari Kemhan RI.

"Pesawat akan menempuh rute penerbangan mulai dari Malang-Natuna-Hainan-Shanghai (China,red)," ucap Fajar.

Baca: Wabah Corona, Tokoh dan Pejabat Diminta Tidak Keluarkan Pernyataan Pesimisme

Fajar menambahkan, pesawar seri A-1333 ini melakukan dua kali transit (short stop,red) di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk melakukan pengisian bahan bakar (refuel) sebelum mendarat di Bandara Pudong di Shanghai.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas