Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pemerintah Terus Imbau Masyarakat untuk Jaga jarak dengan Orang Lain 

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat agar disiplin menjaga jarak dengan orang lain untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Pemerintah Terus Imbau Masyarakat untuk Jaga jarak dengan Orang Lain 
TRIBUN/HO/BNPB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers terkait updaet pandemik corona di kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Jakarta, Sabtu (28/3/2020). Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat hingga Sabtu, 28 Maret 2020, total positif COVID-19 di Indonesia sebanyak 1.155 kasus, sementara 59 orang sembuh dan 102 meninggal dunia. TRIBUNNEWS/HO/BNPB 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah terus mengingatkan masyarakat agar disiplin menjaga jarak dengan orang lain untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan bahwa penularan penyakit Covid-19 dari orang sakit kepada yang sehat terjadi melalui kontak jarak dekat. Penyakit ditularkan melalui percikan ludah (droplett).

"Pada saat ia batuk, pada saat dia berbicara pada saat dia bersin ke sekitarnya dan apabila ada orang sehat yang berada di sekitarnya pada jarak yang kurang dari 1 meter maka besar kemungkinan bahwa droplett ini akan terhirup masuk ke dalam saluran nafas orang yang sehat, akibatnya akan tertular," katanya dalam konferensi pers, Minggu, (29/3/2020).

Baca: 28 Poster Covid-19 untuk Bahan Edukasi Terkait Virus Corona, Bisa Dibagikan

Baca: Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian Ungkap Pesan Khusus dari Kakaknya yang Dokter Pasien Corona

Baca: Kasus Covid-19 Thailand Naik Signifikan Imbas Remehkan Imbauan Pemerintah

Atau menurut Yurianto Droplett jatuh kepada benda yang sering disentuh oleh orang lain. Habis menyentuh droplett yang terpapar virus tersebut, orang-orang lalu menyentuh wajahnya.

"Ini juga sangat memungkinkan untuk terjadinya pemindahan virus menuju ke bagian tubuh dia yang semula semula sehat. Oleh karena itu sekali lagi menjaga jarak lebih dari satu setengah meter adalah menjadi salah satu kunci untuk mengurangi paparan ini," katanya.

Selanjutnya menurut Yurianto untuk memutus rantai penyebaran virus Corona yakni dengan rajin mencuci tangan. Sebaiknya menurut dia mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

"Virus ini gampang rusak apabila terkena sabun, oleh karena rajin-rajinlah mencuci tangan menggunakan air yang mengalir," pungkasnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas