Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Selama Corona, Ini Panduan Lengkap Ibadah Tarawih hingga Zakat dari Kemenag

Kementerian Agama menerbitkan surat edaran tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah selama virus corona.

Selama Corona, Ini Panduan Lengkap Ibadah Tarawih hingga Zakat dari Kemenag
english.cdn.zeenews.com
Kementerian Agama menerbitkan surat edaran tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah selama virus corona. 

TRIBUNNEWS.COM - Selama virus corona atau Covid-19 masih tersebar di Indonesia, kita diwajibkan untuk selalu di rumah kecuali dalam keadaan terdesak.

Akibatnya, banyak anjuran untuk selalu berada di rumah di tengah pandemi Corona, terutama terkait beribadah.

Maka dari itu, Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan surat edaran tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah selama virus corona.

Kemenag menjelaskan tentang panduan ibadah Ramadan di tengah pandemi Corona.

Baca: Imbauan Menag Silaturahmi Saat Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona: Lewat Medsos dan Video Call

Baca: Fakta Tak Terduga Saat Vaksin Corona Disuntikkan ke Tubuh Relawan : Langsung Demam, Ada yang Diare

Edaran yang ditujukan bagi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) seluruh Indonesia ini diterbitkan Menteri Agama Fachrul Razi pada Senin (6/4/2020) hari ini.

"Surat edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat Muslim di Indonesia dari risiko Covid-19," kata Fachrul melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Fachrul mengatakan, selain ibadah Ramadan dan Idul Fitri, surat edaran juga mengatur tentang panduan pengumpulan dan penyaluran zakat.

Terdapat 15 poin yang diatur, mulai dari pelaksanaan sahur, tarawih, tadarus, buka puasa, hingga peringatan Nuzulul Qur'an.

Semua kegiatan ini disarankan untuk diselenggarakan di rumah. Ada pula panduan mengenai pelaksanaan shalat Idul Fitri, hingga silaturahim keliling atau halal bi halal.

"Semua panduan di atas dapat diabaikan bila pada saatnya telah diterbitkannya pernyataan resmi pemerintah pusat untuk seluruh wilayah negeri, atau pemerintah daerah untuk daerahnya masing-masing, yang menyatakan keadaan telah aman dari Covid-19," kata Fachrul.

Baca: Latihan Atlet PBSI di Tengah Pandemi Corona: Intensitas Dinaikkan, Durasi Dikurangi

Baca: Bukti Nyata Mills Ikut Perangi Virus Corona, Siapkan 1000 APD untuk Tenaga Medis

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Whiesa Daniswara
Sumber: Tribun Jatim
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas