Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kemenag Pastikan Ruang Isolasi Corona Asrama Haji Pondok Gede Siap Digunakan

Gedung Utama Asrama Haji Jakarta digunakan sementara sebagai ruang isolasi Covid-19 kepada RS Haji Jakarta pada 22 Maret 2020.

Kemenag Pastikan Ruang Isolasi Corona Asrama Haji Pondok Gede Siap Digunakan
E-book Berkenalan dengan COVID-19
Gambar Kartun Pencegahan Virus Corona atau Covid-19, Bisa jadi Materi Edukasi untuk Anak-anak 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kementerian Agama Ali Irfan memastikan ruang isolasi bagi pasien dalam pengawasan (PDP) corona di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, telah siap digunakan.

Gedung Utama Asrama Haji Jakarta digunakan sementara sebagai ruang isolasi Covid-19 kepada RS Haji Jakarta pada 22 Maret 2020.

"Saat ini, ruangan yang sudah dapat digunakan berjumlah lima ruang. Dan bukan tidak mungkin jika diperlukan akan terus ditambah,” ujar Ali Irfan melalui keterangan tertulis, Selasa (7/4/2020).

Baca: Cegah Penyebaran Covid-19, ASN Dilarang Mudik Lebaran, Bagi yang Nekat Akan Diberi Sanksi Tegas!

“Keberadaan ruang isolasi ini menjadi wujud peran RS. Haji Jakarta dan Kemenag untuk terlibat dalam penangangan Covid-19," tambah Ali Irfan.

Ali menyampaikan, lima ruang isolasi itu untuk penanganan Covid-19 kelas medium. Dirinya menyebut jika ada pasien yang dinyatakan positif, maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan nasional.

“Apabila ada yang positif, maka kita rujuk ke rumah sakit yang sudah dijadikan rujukan nasional,” tutur Irfan.

Baca: Kemnaker Bagikan 180 Ribu Masker Buatan BLK Se-Indonesia

Sementara itu, Direktur Utama RS. Haji Jakarta Syarif Hasan menjelaskan bahwa ruang isolasi yang disiapkan ini sudah sesuai standar Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan, dan WHO.

"Setiap pasien yang PDP menempati satu kamar satu tempat tidur. Tidak boleh digabung. Hingga standarisasi pelayanan kasus di bawah pengawasan tenaga kesehatan, secara umum dan spesifik, dapat lebih maksimal," ungkap Syarif.

Ruang Isolasi yang dalam kondisi berat tetap berada di RS. Ruangan ini adalah ruang untuk PDP yang stabil, tidak mempunyai gejala, ataupun gejalan ringan.

Baca: Jan Ethes Didoakan Tidak Seperti Ayahnya, Kaesang Pangarep Santai: Kebetulan Mirip Ibunya

Ruang isolasi di Asrama Haji disiapkan dengan fasilitas khusus. Fasilitas itu antara lain ruangan dengan tekanan negatif, support obat-obatan dan nutrisi, serta proses koordinasi pemeriksaan SWAB.

Gedung Utama Asrama Haji Pondok Gede terdiri dari empat lantai. Lantai tiga akan digunakan untuk ruang istirahat petugas yang harus self isolation setelah kontak erat dengan pasien.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas