Tribun

Virus Corona

Gedung SD di Tulungagung akan Dijadikan Tempat Karantina Para TKI yang Mudik

Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyiapkan gedung-gedung SD untuk dijadikan tempat karantina pencegahan penyebaran virus corona untuk para TKI.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Gedung SD di Tulungagung akan Dijadikan Tempat Karantina Para TKI yang Mudik
Suryamalang.com/David Yohanes
Ketua Satgas Penanggulangan covid-19 Tulungagung, Sukaji. 

TRIBUNNEWS.COM, TULUNGAGUNG - Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyiapkan gedung-gedung SD untuk dijadikan tempat karantina pencegahan penyebaran virus corona untuk para TKI yang mudik.

Penggunaan gedung SD di Tulungagung untuk karantina pekerja migran dengan status PDP dianggap sebagai alternatif terakhir.

Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tulungagung masih mempunyai sejumlah tempat untuk penampungan PDP.

"Itu alternatif terburuk, jika terjadi ledakan PDP sampai ratusan orang di saat yang sama, gedung SD akan kami gunakan," kata Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Tulungagung, Sukaji, Kamis (9/4/2020).

Baca: Pontjo Sutowo: Anggota FKPPI Siap Bela Negara Lawan Covid-19

Sukaji menambahkan, pihaknya mengantisipasi ledakan jumlah tenaga kerja migran yang pulang kampung ke Tulungagung.

Jumlah pekerka migran yang mencapai puluhan ribu berpotensi menimbulkan ledakan PDP.

Karena itu ada sejumlah tempat yang telah disiapkan untuk menampung pekerja migran dengan status PDP.

"Begitu mereka (pekerja migran) pulang, langsung ditampung oleh Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi). Jika membutuhkan isolasi, bisa dilakukan di Disnakertrans," sambung Sukaji.

Jika nantinya Disnakertrans tidak mencukupi, maka Satgas bisa menggunakan gedung milik Dinas Ketahanan Pangan.

Baca: DAFTAR Cuti Bersama Terbaru Setelah Cuti Bersama Idul Fitri Digeser 28-31 Desember 2020

Jika masih belum cukup, Satgas akan menggunakan Rusunawa Mahasiswa IAIN Tulungagung yang ke-2.

Sebelumnya tempat isolasi PDP yang sudah dipakai adalah Rusunawa Mahasiswa IAIN Tulungagung yang pertama.

"Jadi SD-SD itu sudah disiapkan sebagal alternatif. Tapi belum tentu juga akan dipakai jika tempat yang disiapkan sudah memadai," ujar Sukaji.

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Tulungagung, Haryo Dewanto, pada prinsipnya 578 SD Negeri di Tulungagung siap digunakan.

Pihaknya akan mempersiapkan gedung-gedung SD itu, jika ada permintaan dari Satgas Penanggulangan Covid-19.

Sebanyak 20 orang TKI ilegal berada di tempat karantina, setelah pada Selasa (7/4/2020) sekitar pukul 17.00 WIB diamankan tim Gugus Tigas Covid-19 Tanjungbalai dari sebuah pelabuhan tikus di Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai. 


Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Malaysia Lockdown, 20 TKI Ilegal Diam-diam Masuk Sumut dari Pelabuhan Tikus saat Corona Mengganas, https://medan.tribunnews.com/2020/04/08/malaysia-lockdown-20-tki-ilegal-diam-diam-masuk-sumut-dari-pelabuhan-tikus-saat-corona-mengganas.
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Salomo Tarigan
Sebanyak 20 orang TKI ilegal berada di tempat karantina, setelah pada Selasa (7/4/2020) sekitar pukul 17.00 WIB diamankan tim Gugus Tigas Covid-19 Tanjungbalai dari sebuah pelabuhan tikus di Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai. Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Malaysia Lockdown, 20 TKI Ilegal Diam-diam Masuk Sumut dari Pelabuhan Tikus saat Corona Mengganas, https://medan.tribunnews.com/2020/04/08/malaysia-lockdown-20-tki-ilegal-diam-diam-masuk-sumut-dari-pelabuhan-tikus-saat-corona-mengganas. Penulis: Mustaqim Indra Jaya Editor: Salomo Tarigan (HO/tri bun medan)
berita POPULER
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas