Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

PSBB Akan Efektif Jika Warga dapat Jaminan Sosial Cukup

jaminan sosial yang cukup sangat penting diberikan warga miskin maupun pekerja informal, agar mereka menaati imbauan pemerintah tidak keluar rumah

PSBB Akan Efektif Jika Warga dapat Jaminan Sosial Cukup
Tribunnews.com/ Lendy Ramadhan
Pengamat Politik Center for Strategic and International Studies (CSIS), Philips J Vermonte berikan keterangan mengenai pengaruh kasus korupsi ketua partai politik terhadap elektabilitas partainya dalam Pemilu 2019, di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019). Tribunnews/Lendy Ramadhan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah pusat dan daerah harus menjamin kehidupan dasar warga miskin, saat menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam menekan penyebaran virus corona atau covid-19.

Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Philip Jusario Vermonte mengatakan, penerapan PSBB harus dibarengi dengan jaminan sosial atau bantalan ekonomi yang cukup untuk warga miskin.

"Kalau tidak ada bantalan ekonomi, tidak akan efektif PSBB ini," ujar Philip dalam diskusi bertema Dunia Mencari Jalan Melawan Corona, Jakarta, Sabtu (11/4/2020).

Baca: Makan Pakai Tangan Terbukti Secara Ilmiah Bikin Berat Badan Cepat Naik, Kok Bisa?

Menurut Philip, jaminan sosial yang cukup sangat penting diberikan warga miskin maupun pekerja informal, agar mereka menaati imbauan pemerintah tidak keluar rumah.

"Kalau masyarakat pekerja informal harus di rumah, tapi tidak ada bantalan sosial maka mereka tidak akan patuh, mereka akan keluar rumah untuk mencari rejeki, karena pendapatannya harian," tutur Philip.

Dalam penyaluran jaminan sosial, kata Philip, pemerintah harus menggunakan data yang tepat dan terbaru. Bahkan, perlu juga untuk memprediksi kapan wabah virus ini berakhir.

"Selain warga miskin, pemerintah juga perlu memperhatikan warga diatas orang miskin, tapi adanya corona menjadi miskin," ujar Philip.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas