Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaringan Katolik Melawan Covid-19 Terima Bantuan Alat Medis dari KSP

Bukan hanya sebatas menyalurkan bantuan, JKMC juga melakukan perekrutan dan pelatihan relawan (online) baik medis maupun non-medis.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jaringan Katolik Melawan Covid-19 Terima Bantuan Alat Medis dari KSP
Freepik
ilustrasi virus corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaringan Katolik Melawan Covid-19 (JKMC) kembali menerima bantuan dari Kantor Staf Presiden (KSP) secara berturut-turut.

Bantuan disampaikan oleh Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang diterima oleh Rm. Siswantoko selaku sekretaris Komisi Kerawan KWI dan Muliawan Margadana, Koordinator Umum JKMC.

Seperti diketahui JKMC atau Jaringan Katolik Melawan Covid-19 merupakan jaringan relawan yang terdiri dari ormas-ormas Katolik (ISKA, WKRI, PMKRI, PK, FMKI), beserta Rumah Sakit - Rumah Sakit Katolik, Universitas-universitas Katolik, Stikper/Stikes Katolik dan Perhimpunan - perhimpunan Profesi/Kategorial Katolik, yang menyalurkan bantuan alat-alat kesehatan ke rumah sakit dan klinik-klinik di seluruh pelosok Indonesia.

Baca: Bamsoet: MPR RI Dukung Penuh Langkah Pemerintah Lawan Pandemi Covid-19

Perwakilan Badan Amal Kasih Katolik (BAKKAT) KAJ Djumhari Latief mengatakan JKMC adalah adalah wujud komitmen gereja dan umatnya mengatasi pandemik Covid-19.

"Dan saatnya juga kita kembali ke nilai-nilai gotong-royong, solidaritas, belarasa, dan saling tolong menolong sampai pandemik ini berakhir," kata Djumhari Latief dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/4/2020).

Bukan hanya sebatas menyalurkan bantuan, JKMC juga melakukan perekrutan dan pelatihan relawan (online) baik medis maupun non-medis.

Selain itu, juga bergerak memberikan bantuan makanan, sembako, dan masker kepada masyarakat yang rentan terdampak di berbagai kota.

Baca: Gereja Katolik Warisan Dunia di Nagasaki Jepang Ditutup Hingga 7 Mei 2020

BERITA REKOMENDASI

JKMC juga menyediakan konten-konten edukasi dan informasi untuk membantu pemerintah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak mudik, menggunakan masker yang benar, isolasi mandiri dan layanan konsultasi psikologi online.

“Komunikasi di JKMC sangat baik. PUKAT sendiri saat ini fokus pada pengadaan dan distribusi APD, walaupun ada PUKAT di beberapa keuskupan juga memberikan bantuan ke kelompok masyarakat rentan. Kita berharap data di JMKC selalu yang terupdate sehingga bantuan tepat sasaran," kata Ketua PUKAT Jakarta Marcus Linggo.

Ke depan, JKMC akan menyalurkan relawan medis maupun non-medis yang sudah direkrut ke rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan di berbagai kota di Indonesia.

Para donatur melalui BAKKAT KAJ, PEMIKAT KAJ, PUKAT, dan PERDHAKI sebagai bagian dari JKMC juga telah mendistribusikan berbagai kebutuhan kepada lebih dari 80 Rumah Sakit ke seluruh wilayah Indonesia.

Senada dengan Marcus, dr. Felix Gunawan perwakilan PERDHAKI menyambut baik adanya JKMC.

“Dari awal ketika ada arahan dari KSP, kami sudah mengarahkan rumah saki-rumah sakit yang tergabung dalam PERDHAKI untuk mempersiapkan ruang isolasi dan ICU. Dan menyambut baik adanya JMKC karena bisa menjadi pusat informasi tentang berbagai bantuan yang bisa disalurkan ke rumah sakit di bawah PERDHAKI. Ke depan kami sangat berharap kekurangan APD di rumah sakit bisa terpenuhi melalui JKMC," ucapnya.

JKMC juga selalu berkoordinasi dengan semua komponen bangsa, termasuk dengan mengutus perwakilan untuk bertugas di Gugus Tugas Pecepatan Penanganan Covid-19 sebagai wujud partisipasi dalam upaya segera mungkin mengatasi pandemik covid-19.

JKMC pun berharap dengan usaha bersama pandemic Covid-19 bisa segera teratasi dan kita sebagai bangsa bersama-sama bangkit dari musibah ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas