Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kemenag Izinkan Dana BOS dan BOP Dipakai Untuk Beli atau Sewa Modem Selama TFH

Kamaruddin Amin lewat keterangannya mengatakan Dana BOS Madrasah dan BOP RA juga boleh digunakan untuk upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Kemenag Izinkan Dana BOS dan BOP Dipakai Untuk Beli atau Sewa Modem Selama TFH
Dok. Kemenag
Plt Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin di Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKementerian Agama (Kemenag) mengizinkan penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) Madrasah dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudlatul Athfal (RA) untuk pembelian atau sewa modem guna mendukung proses belajar-mengajar dari rumah atau teaching from home (TFH).

Plt Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin lewat keterangannya mengatakan Dana BOS Madrasah dan BOP RA juga boleh digunakan untuk upaya mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami telah terbitkan SE yang mengatur bahwa pembelian atau sewa sarana/ perlengkapan/ peralatan, atau pelaksanaan kegiatan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 diperbolehkan," ujar Kamaruddin Amin di Jakarta, Minggu (19/4/2020).

Baca: Update Corona, 19 April DIY: Jumlah PDP Capai 648 Orang, Kasus Positif 67

Dana tersebut juga diizinkan untuk pembelian atau sewa sarana atau perlengkapan yang diperlukan untuk mendukung proses belajar-mengajar baik di madrasah maupun di rumah.

Hal itu di antaranya berupa penambahan alokasi kuota internet bagi RA dan madrasah yang memakai fixed-modem atau paket internet lainnya yang dapat menunjang pembelajaran jarak jauh.

Termasuk juga untuk pembelian atau sewa Mobile Modem (termasuk kuota internet) berupa USB Modem atau paket data yang diperuntukkan bagi guru dengan jumlah modem dan paket data internet sesuai kebutuhan.

Baca: UPDATE Kasus Corona di Jawa Timur 19 April 2020: Total 590 Kasus Positif, 98 Sembuh, 54 Meninggal

"Boleh juga untuk pembelian atau sewa mobile modem (termasuk paket data internet) berupa USB Modem bagi siswa tidak mampu sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Kemenag juga mengizinkan dana BOS atau BOP digunakan untuk pembelian laptop maupun PC untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

"Juga pembelian laptop atau Personal Computer (PC) sebatas untuk keperluan server e-learning yang diimplementasikan oleh madrasah," ujarnya.

Baca: Tekan Dampak Covid-19, PJB Salurkan Bantuan untuk Tenaga Medis

Halaman
1234
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas