Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

'Nongkrong' Saat Pandemi Berpotensi Tinggi Sebarkan Virus Corona

Menurut Imam, meski imunitas tubuh anak muda sedang kuat dari namun penularan tetap terjadi jika ada percikan liur dalam jumlah besar dari seorang.

'Nongkrong' Saat Pandemi Berpotensi Tinggi Sebarkan Virus Corona
For Serambinews.com/Foto Dok Polsek Tanah Jambo Aye
Petugas gabungan membubarkan warga yang sedang nongkrong di warung kopi di Kecamatan Tanah Jambo AYe, Aceh Utara, Sabtu (28/3/2020) malam Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Bubarkan Warga Nongkrong, Belasan Pemilik Warkop Diamankan ke Mapolsek Tanah Jambo Aye, https://aceh.tribunnews.com/2020/03/29/bubarkan-warga-nongkrong-belasan-pemilik-warkop-diamankan-ke-mapolsek-tanah-jambo-aye. Penulis: Jafaruddin Editor: Yusmadi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam Prasodjo mengingatkan agar masyarakat tidak berkumpul atau nongkrong selama pandemi corona.

Imam mengatakan saat nongkrong sangat berpotensi menyebarkan virus corona terhadap orang lain.

"Anak muda yang suka kerumunan ini bahaya, karena disaat kerumunan Viral Loud jadi ada percikan-percikan karena kita bicara teriak, nyanyi-nyanyi, tertawa terbahak-bahak, percikan itu akumulasi terkumpul di suatu ruangan," ujar Imam di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Penyebaran virus corona terjadi melalui percikan liur atau droplet dari seseorang yang terinfeksi.

Menurut Imam, meski imunitas tubuh anak muda sedang kuat dari namun penularan tetap terjadi jika ada percikan liur dalam jumlah besar dari seorang yang terinfeksi.

"Dan itu Viral Loud kumpulan percikan yang besar jika masuk tubuh ke anak muda dia akan tumbang kerumunan sangat bahaya, hindarkan Viral Loud," ujar Imam.

Dirinya meminta generasi muda dapat menahan hasrat untuk tidak nongkrong selama pandemi corona.

Dirinya meminta anak muda memiliki kemauan yang kuat agar terhindar dari virus corona.

"Mudah-mudahan ini pesan khsuus anak muda yang saat ini saya tahu sering kali tidak tahan untuk bertemu temannya, tak tahan tidak kumpul. Tapi lihat apa yang akan terjadi kalau misalnya ini kita abaikan itu saja," pungkas Imam.

Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas