Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kapolri Minta Setiap Polda Sediakan 25 Ton Beras untuk Warga Terdampak yang Tidak Dapat Bansos

Idham kembali menegaskan bantuan itu dipersiapkan untuk dibagikan jika ada masyarakat terdampak virus corona yang belum mendapatkan bantuan

Kapolri Minta Setiap Polda Sediakan 25 Ton Beras untuk Warga Terdampak yang Tidak Dapat Bansos
Tribunnews/Herudin
Warga mengantre untuk mendapatkan beras gratis melalui ATM Pertanian Si Komandan di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0501 Jakarta Pusat, Senin (27/4/2020). Setiap harinya ada 1.000 orang penerima beras gratis sebanyak 1,5 kilogram per orang untuk meringankan warga terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Jajaran Polda di seluruh Indonesia diminta Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis untuk menyiapkan 25 ton beras.

"Sekarang tidak hanya Polres yang diminta menyiapkan 10 ton beras. Sejak tadi malam, sudah diminta setiap Polda menyiagakan 25 ton beras," ujar Kapolri Polisi Idham Azis saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Senin (27/4/2020).

Idham kembali menegaskan bantuan itu dipersiapkan untuk dibagikan jika ada masyarakat terdampak virus corona yang belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pemerintan.

Baca: Akses Masuknya Sulit, Kabupaten Ini Belum Tersentuh Virus Corona

"Jadi selama ada yang belum dapat bantuan sosial, bantuan beras dan bahan pokok lainnya diberikan ke orang itu. Lalu orang tersebut didaftarkan sampai dapat bantuan sosial dari Kementerian Sosial," tuturnya.

Dalam teknisnya, pucuk pimpinan Polri ini menjelaskan jajaran Binmas dibantu Babinsa dan Pemerintah Daerah akan menyisir‎ dan mendata warga di seluruh Indonesia yang tidak terdata mendapat bansos dalam masa pandemi corona.

Mekanisme pendataan dilakukan secara door to door sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan corona yang ditetapkan pemerintah.

Lantas dari mana dana penyediaan beras di masing-masing Polres 50 ton beras dan masing-masing Polda sebanyak 25 ton beras ? Mantan Kapolda Metro Jaya ini menjelaskan dana itu merupakan dana kontijensi berasal dari Mabes Polri.

Baca: Ada Larangan Mudik Operasional PO Bus Menurun Hingga 80 Persen

"Dana dari Mabes Polri. Begitu datanya dapat, bantuan beras langdung diberikan," singkatnya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas