Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Siswa SMP di Jakarta Menangkan Game Interaktif Buatan Kohanudnas

Imran menilai harus ada cara untuk mengatasi rasa bosan tetapi sekaligus tidak menyia-nyiakan waktu yang ada dalam kondisi ketika semua elemen

Siswa SMP di Jakarta Menangkan Game Interaktif Buatan Kohanudnas
Youtube/TV Edukasi
Program Belajar dari Rumah di TVRI, SD Kelas 4-6 materi tentang X-Sains: Bunyi dan Cahaya, Selasa 12 Mei 2020 hari ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang siswa SMP dari Brighton Junior High School Cibubur Jakarta Timur, Leonhard Suharjo berhasil memenangkan permainan interaktif untuk siswa SMP berjudul Penjaga Langit yang diluncurkan oleh Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) pada Kamis (14/5/2020).

Pemenang kuis ini ditentukan berdasarkan beberapa variabel yakni, ketepatan jawaban dan kecepatan waktu yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit.

Baca: Bandara Soetta Membludak, Perlu Ditelusuri Surat Tugas Penumpang

Leonhard berhasil menduduki posisi pertama dengan catatan waktu 13:41:16.

"Sesi pertama diikuti oleh 560 siswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Peserta kuis ini paling banyak berasal dari Jawa Barat dan Jakarta. Ini adalah sesi pertama dan ke depannya jika dibutuhkan kita akan mengadakan hal yang mirip untuk siswa SMA dan bahkan untuk mahasiswa,” kata Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus dalam keterangan resmi Kohanudnas pada Kamis (14/5/2020).

Imran menilai harus ada cara untuk mengatasi rasa bosan tetapi sekaligus tidak menyia-nyiakan waktu yang ada dalam kondisi ketika semua elemen masyarakat work from home, study at home dan juga physical distancing.

Game Penjaga Langit, menurut Imran, tidak akan memberikan kecanduan tetapi justru akan mencerahkan dan ke depannya, akan dilihat sejauh tanggapan siswa SMP terhadap permainan ini.

Baca: Rela Sewa Truk Towing Rp 6 Juta untuk Mudik, Tapi Kepergok Polisi di Ngawi

Imran mengatakan game tersebut dianggap menjadi terobosan permainan yang mendidik karena berkonten soal-soal yang diyakini membuka dan sekaligus membangkitkan rasa cinta terhadap tanah, air, udara, bangsa dan negara Indonesia.

"Kami dari Kohanudnas beserta staf mencoba menggodok apa yang bisa kami lakukan dan muncullah ide untuk membuat kuis ini. Kami ingin anak-anak juga memiliki pengetahuan tentang wawasan Nusantara, pertahanan negara, dan juga kebangsaan. Masa depan Indonesia terletak pada keberhasilan kita mendidik dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi-generasi baru dengan menggunakan bahasa mereka,” ungkap Imran.

Baca: Penembakan di Dekat Kampus UTB Lampung, Motor Jerry Diadang Lalu Ditembak Dua Kali

Setidaknya tercatat siswa SMP yang menjadi peserta berasal dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Bondowoso, Pontianak, Semarang, Yogyakarta, Sleman, Banjarmasin, Bogor, Bandar Lampung, Cimahi, Soppeng, Maros, Rancabungur, Bangil, Surakarta, Kupang, Magelang, Wonogiri, Purworejo, Tasikmalaya, dan Tuban.

Hingga kini, sekurangnya sudah 692 siswa SMP mengimuti game Penjaga Langit.

Dari keseluruhan peserta sebanyak 80 siswa SMP dari berbagai kota di Indonesia mendapat hadiah kuota dengan masing-masing nilai Rp 100 ribu, Rp 150 ribu dan 200 ribu.

Gam tersebut secara resmi diluncurkan eh Imran dari Gedung Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) pada Kamis (14/5/2020).

Peluncuran itu juga menandai sesi pertama permainan tersebut yakni pada pukul 13.00 WIB atau 14.00 WITA atau 15.00 WIT.

Ketiga waktu tersebut untuk menunjukkan Penjaga Langit hanya bisa diakses pada jam yang sama, dalam durasi yang sama dan dalam hari yang sama yaitu setiap Kamis.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas