Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Bahas New Normal, Mahfud MD Ungkap Meme yang Dikirim Luhut Kepadanya

Syawalan itu move on. Jangan terkurung oleh satu situasi karena situasi yang statis itu tidak akan menyebabkan anda maju.

Bahas New Normal, Mahfud MD Ungkap Meme yang Dikirim Luhut Kepadanya
Tribunnews/Irwan Rismawan
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) memberikan keterangan didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Hadi Tjahjanto (kiri), Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kanan), dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal (normal baru) di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020). Dalam tinjauan kali ini, Presiden Jokowi menyampaikan, adanya pengerahan TNI/Polri secara masif di titik-titik keramaian untuk mendisiplinkan masyarakat dengan tujuan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD membahas terkait dengan wacana new normal yang tengah ramai dibicarakan masyarakat.

Ketika membahas new normal Mahfud juga sempat mengaitkannya dengan meme yang menurutnya diberikan oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu

Hal itu disampaikan Mahfud dalam acara Halal Bihalal Idul Fitri 1441 Hijriah Keluarga Besar Universitas 11 Maret pada Selasa (26/5/2020) yang disiarkan secara langsung lewat kanal Youtube resmi Universitas Sebelas Maret.

Awalnya Mahfud membahas terkait makna dari Syawal yang menurutnya berarti peningkatan.

"Syawalan itu move on. Jangan terkurung oleh satu situasi karena situasi yang statis itu tidak akan menyebabkan anda maju. Oleh karena itu dikatakan syawal. Orang mengatakan syawal dong. Mulai dari cara baru. Kalau istilah sekarang, nah mumpung ada ini, saya mau masuk ke yang ada. Istilah sekarang itu namanya new normal," kata Mahfud.

Baca: Covid-19: Bandara di India Kacau setelah Penerbangan Domestik Dibuka

Selanjutnya Mahfud menjelaskan bahwa kenormalan baru tersebut dibuat untuk menghadapi sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam hal ini wabah Covid-19.

Ia menjelaskan, yang dimaksud dengan kenormalan baru adalah mulai bekerja sambil tetap menerapkan protokol kesehatan antara lain dengan mengenakan masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan.

Baca: Cerita Sophia Latjuba Tentang ART dan Sopirnya yang Mudik

Di tengah uraiannya ia pun sempat menyisipkan pengalamannya ketika dikirimi meme dari Luhut terkait dengan covid-19.

Ia mengungkapkan meme yang disampaikan Luhut kepadanya ditulis dalam bahasa Inggris.

Mahfud mengungkapkan meme tersebut mengibaratkan corona dalam kaitannya dengan new normal seperti seorang istri.

"Saya kemarin mendapat meme dari temen, dari Pak Luhut Panjaitan itu begini. Judulnya itu dalam bahasa Inggris. Corona is like your wife. In easily you try to control it, then you realize that you can't. Than you learn to live with it. Corona itu seperti istrimu, ketika kamu mau mengawini kamu berpikir kamu bisa menaklukan dia. Tapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukan istrimu. Sesudah itu. Than you learn to live with it. Ya sudah, sudah begitu," kata Mahfud.

Meski begitu, ia mengatakan pemerintah belum mengambil keputusan terkait dengan new normal.

"Dan kita harus mengambil keputusan yang terbaik. Bagaimana yang terbaik, mari kita diskusi, belum ada keputusan soal itu, semua masih dalam wacana dan kontroversi masih ada. Dan kita harus terbiasa harus menghadapi itu," kata Mahfud.

Ikuti kami di
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas