Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

340 Ribu Pasukan TNI-Polri Kawal New Normal di 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota

Sesuai tupoksinya 340 ribu‎ pasukan TNI/Polri ini bakal melindungi, mengayomi masyarakat di sejumlah fasilitas umum bukan untuk melakukan penegakan

340 Ribu Pasukan TNI-Polri Kawal New Normal di 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
NEW NORMAL - Pasukan gabungan TNI berjaga di Stasiun MRT Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Pusat, Selasa,(26/9/2020). Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut sebanyak 340.000 personel TNI-Polri akan dikerahkan untuk persiapan tatanan kehidupan baru atau new normal selama pandemi Covid-19. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri mengaku siap mendukung dan melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ada di setiap titik keramaian demi lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan memutus penyebaran virus corona menuju kehidupan baru atau new normal.

"Sesuai arahan Presiden Jokowi kemarin untuk memastikan menuju new normal, Presiden perintahkan TNI/Polri ada di setiap ‎keramaian untuk lebih mendisiplinkan masyarakat ikuti protokol kesehatan sehingga bisa tetap tertib dan aman dari Covid-19. Pastinya Polri mendukung pemerintah menyiapkan new normal," ucap Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Rabu (27/5/2020).

Ahmad Ramadhan melanjutkan TNI/Polri sudah menyiapkan 340 ribu pasukan untuk mengamankan new normal yang mulai diterapkan di 4 provinsi yakni Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat serta Gorontalo dan 25 kabupaaten/kota‎.

Baca: Jubir Penanganan Corona Indonesia Sebut Usaha Penemuan Vaksin Covid-19 Belum Ada yang Berhasil

Sesuai tupoksinya 340 ribu‎ pasukan TNI/Polri ini bakal melindungi, mengayomi masyarakat di sejumlah fasilitas umum bukan untuk melakukan penegakan hukum melainkan lebih mengedepankan edukasi agar masyarakat disiplin.

Diyakini ketaatan dan kedisiplinan masyarakat adalah kunci keberhasilan new normal.

Baca: Jepang Tak Pernah Melarang Warga Indonesia Masuk Negeri Sakura

"‎340 ribu personel akan amankan new normal yang mulai diterapkan di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota. Mereka ditugasi untuk mendorong masyarakat disiplin terapkan protokol kesehatan di 1800 obyek umum seperti pusat keramaian, pasar, mall hingga tempat wisata," imbuhnya.

Mengenai cara bertindak, Ahmad Ramadhan menjelaskan anggota di lapangan akan bersinergi dengan Keputusan Menkes No 325 tahun 2020 tanggal 20 Mei 2020 tentang panduan pencegahan pengendalian Covid-19 di tempat kerja, perkantoran dan industri dalam mendukung keberhasilan usaha pada situasi pandemi.

"Kami imbau masyarakat patuh dan disiplin. Polri akan bertindak persuasif agar masyarakat patuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Kalau ada yang tidak patuh, Polri tindak tegas sesuai ketentuan," tambahnya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas