Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Fraksi Demokrat: Kalau Menteri Plin-Plan, Ganti Dong

perombakan kabinet bisa saja dilakukan Presiden Jokowi pada saat ini, agar penanganan pandemi Covid-19 bisa lebih cepat lagi.

Fraksi Demokrat: Kalau Menteri Plin-Plan, Ganti Dong
Tangkap layar channel YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas Jumat 29 Mei 2020 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fraksi Demokrat sependapat dengan Ketua Umum Relawan Jokowi (ReJO) HM Darmizal MS, yang menginginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan atau reshuffle kabinet agar penanganan Covid-19 lebih cepat.

"Ya saya pikir sepakat saja (reshuffle), kalau pembantu plin-plan, tidak bisa kerja, kemudian menghambat visi presiden. Tapi itu hak prerogatif presiden," papar Anggota Fraksi Demokrat Irwan saat dihubungi Tribunnews.com, Jakarta, Sabtu (30/5/2020).

Menurut Irwan, perombakan kabinet bisa saja dilakukan Presiden Jokowi pada saat ini, agar penanganan pandemi Covid-19 bisa lebih cepat lagi.

"Kalau ada yang tidak fokus dalam penanganan Covid-19, ya diganti dong. Biar cepat, biar ada percepatan," ucap Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat itu.

Baca: Polri Kembali Buka Layanan SIM dan STNK, Pemohon Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut keteteran dalam bekerja pada periode kedua kepemimpinannya, terutama mengatasi situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Hal ini diungkap Ketua Umum Relawan Jokowi (ReJO) HM Darmizal MS.

Darmizal mengatakan Jokowi tak ubahnya berlari sendirian kesana dan kemari untuk menyelesaikan masalah yang makin kompleks. Karenanya, ia menilai perlu diadakannya reshuffle kabinet.

Baca: Ini Delapan Provinsi yang Tidak Mengalami Penambahan Kasus Positif Corona

"Keadaan sangat berbeda dibanding periode sebelumnya. Oleh karenanya sangat realistis jika Presiden Jokowi segera melakukan reshufle terhadap para menteri yang dianggap tidak mampu mengimbanginya dalam bekerja," ujar Darmizal, dalam keterangannya, Kamis (28/5/2020).

Dia mengatakan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memerlukan orang-orang tanggap untuk memahami dan memenuhi jawaban terkait perkembangan keadaan yang berubah sangat dinamis dalam segala hal.

"Kabinet yang ada saat ini harus dievaluasi. Menteri yang berkinerja trengginas dengan performance cemerlang sangat diperlukan saat ini dan pasca pandemi Covid-19. Maka jalan terbaik dan bersifat segera adalah reshuffle kabinet," ungkap pendiri Partai Demokrat itu.

Menurutnya, Jokowi saat ini tak membutuhkan sosok yang tangkas bersilat lidah untuk membenarkan diri sendiri hingga yang punya agenda terselubung.

"Berulang kali saya katakan, Jokowi orang luar biasa punya mimpi besar bagi bangsanya. Maka harus pula dipastikan Jokowi punya pembantu yang tangguh, banyak akal, realistis dengan berbagai terobosan," jelasnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas