Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Menghadapi Fase New Normal, PT KCI Siapkan Kebijakan Baru di Lingkungan Stasiun dan KRL

Protokol kesehatan saat ini yang sudah berjalan diantaranya mewajibkan penggunaan masker di area stasiun dan kereta

Menghadapi Fase New Normal, PT KCI Siapkan Kebijakan Baru di Lingkungan Stasiun dan KRL
Tribunnews/JEPRIMA
Seorang penumpang mengenakan pelindung wajah dan masker saat akan menaiki KRL di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jarak sosial antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50 persen dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menghadapi fase new normal atau tatanan kehidupan baru, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan mengeluarkan beberapa kebijakan baru untuk petugas maupun pengguna Kereta Rel Listrik (KRL).

Saat dikonfirmasi, VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan kebijakan yang saat ini sedang dalam pengkajian lebih dalam ini nantinya untuk melengkapi protokol kesehatan yang sudah berjalan.

"Protokol kesehatan saat ini yang sudah berjalan diantaranya mewajibkan penggunaan masker di area stasiun dan kereta, pemeriksaan suhu tubuh, dan penerapan jaga jarak aman," kata Anne, Sabtu (30/5/2020).

Anne menyebutkan untuk melengkapi protokol kesehatan yang sudah berjalan, pihaknya pada waktu tertentu saat padat pengguna, akan ada penyekatan di sejumlah titik stasiun sehingga penumpang yang berada di peron stasiun dan kereta tetap terkendali.

Baca: FAKTA Tri Rismaharini Ngamuk soal Mobil PCR, Kronologi hingga Akhir Ceritanya

"Kemudian apabila diperlukan, petugas yang berada di stasiun dan kereta akan melakukan buka tutup pintu masuk stasiun," kata Anne.

Anne juga menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyediakan fasilitas wastafel tambahan selain yang ada di dalam toilet, agar dapat dimanfaatkan pengguna KRL untuk mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan KRL.

"Selain itu kamu juga menyediakan fasilitas hand sanitizer di stasiun, maupun yang dibawa oleh petugas pengawalan di dalam kereta," ujar Anne.

Selain itu dalam menjaga kebersihan kereta dan stasiun, Anne menyebutkan pihaknya selalu rutin membersihkan rangkaian KRL.

"Hal ini sebetulnya sudah kami terapkan jauh sebelum adanya wabah Covid-19 ini, dan sejak pandemi, pembersihan ini dilengkapi dengan cairan disinfektan dan penyemprotan disinfektan rutin di stasiun maupun sarana KRL," ucap Anne.

Ia menambhakan, yang menjadi fokus utama dalam membersihkan KRL adalah permukaan yang rutin disentuh penumpang di stasiun seperti vending machine, gate tiket elektronik, tempat duduk, hingga pegangan tangga juga dibersihkan sekurang-kurangnya sembilan kali dalam satu hari.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas