Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Dampingi JK Salat Jumat di Masjid Al Azhar, Zulhas: New Normal Seharusnya Dimulai dari Rumah Ibadah

Mendahulukan new normal untuk rumah ibadah ini sejalan dengan Sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa

Dampingi JK Salat Jumat di Masjid Al Azhar, Zulhas: New Normal Seharusnya Dimulai dari Rumah Ibadah
Ist
Salat Jumat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengikuti salat Jumat berjemaah di Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Salat jumat tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Mantan Wapres Jusuf Kalla dan Anggota DPD Prof. Jimly Ashiddiqie.

Zulkifli Hasan menyampaikan aturan normal yang baru (new normal) seharusnya dimulai dari membuka rumah ibadah, salah satunya masjid, dan baru dilanjutkan dengan tempat publik lainnya.

"Mendahulukan new normal untuk rumah ibadah ini sejalan dengan Sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa. Kita adalah bangsa yang religius dan karena itu yang harus didahulukan adalah penguatan jiwa dan spiritualnya," kata Zulkifli di lokasi, Jumat (5/6/2020).

Baca: Pelonggaran PSBB Begini Potret Presiden Jokowi Salat Jumat di Masjid Baiturrahim

Bagi Zulhas, ketentuan new normal seharusnya juga mengatur salat berjamaah bagi umat Islam dan bukan hanya mengatur tempat perbelanjaan atau tempat belanja lainnya.

"Tentu new normal harus dimaknai juga penerapannya dalam melaksanakan salat berjemaah bagi umat Islam. Pengurus Masjid bisa berperan untuk menjaga disiplin jemaah agar mengikuti semua prosedur new normal," jelas Zul.

Karena itulah, Ketua Umum PAN itu meminta agar dalam penerapan new normal ini agar masjid mulai dibuka dan kegiatan keagamaan seperti salat berjemaah.

"Tentu dengan menerapkan prosedur Covid-19 seperti physical distancing dan menggunakan masker," pungkasnya.

Diketahui, ibadah salat Jumat dilaksanakan di Masjid Agung Al Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, hari ini. Salat Jumat digelar di hari pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Ibu Kota.

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie bertindak sebagai khatib salat Jumat

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas