Tribun

Virus Corona

Menteri Ristek/BRIN: Kontribusi Riset Covid-19 UI Sangat Signifikan

Bambang mengatakan, UI merupakan salah satu anggota konsorsium dengan kontribusi yang signifikan. UI menerima pendanaan riset Covid-19 yang terbesar.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Menteri Ristek/BRIN: Kontribusi Riset Covid-19 UI Sangat Signifikan
Pixabay
ILUSTRASI Virus Corona - Menristek Bambang Brodjonegoro Ungkap Fakta Penyebab Kasus Virus Corona Tak Kunjung Turun, Apa Itu? 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memperoleh Pendanaan Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 tahap pertama senilai 8,1 milyar rupiah dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Serah terima 'Surat Keputusan Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Nomor 1/KCovid.19/Kp./V/20, tanggal 17 Mei 2020 tahap pertama'
dilakukan pada Kamis (11/6/2020) secara daring, oleh Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Prof. Ali Ghufron Mukti kepada Rektor UI Prof. Ari Kuncoro.

Menteri Kemenristek/BRIN Bambang Brodjonegoro turut hadir memberikan arahan di dalam penyerahan SK Penetapan tersebut.

Baca: Peneliti Imbau Hindari Tempat yang Memiliki Aroma Seperti Ini, Indikasi Banyak Virus Corona di Sana

Dalam arahannya, Bambang mengatakan, UI merupakan salah satu anggota konsorsium dengan kontribusi yang signifikan. UI menerima pendanaan riset Covid-19 yang terbesar.

Bambang menambahakan, pihaknya membagi program konsorsoum riset dan inovasi Covid-19 menjadi lima klasifikasi, yaitu, Pencegahan, Skrining dan Diagnosa, Obat dan Terapi, Alat Kesehatan dan Pendukung serta Sosial Humaniora.

"UI merupakan salah satu anggota Konsorsium dengan kontribusi yang signifikan. Ini tampak dari proposal yang diajukan UI lengkap memenuhi kelima bagian riset dan inovasi tersebut, UI bisa masuk ke dalam semua kategori, semua aspek yang terkait dengan Covid-19, tidak hanya di bidang kesehatan, melainkan bidang Sosial Humaniora juga dicover oleh UI," kata Bambang.

Lebih lanjut, Menteri Bambang menyampaikan bahwa pendanaan ini digalakkan dalam rangka mendukung upaya pencegahan, penyebaran, penularan dan/atau penanggulangan wabah penyakit Covid-19 di Indonesia.

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional berperan aktif dalam mengintegrasikan menyelaraskan, mengkoordinasikan, dan mensinergikan program riset dan inovasi guna menangani permasalahan Covid-19 ini.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan  (litbangjirap) yang dikoordinasikan oleh Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19.

Melalui kegiatan litbangjirap yang dilaksanakan, diharapkan dapat menghasilkan produk-produk invensi dan inovasi yang dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat dalam rangka mencegah, mendeteksi, dan merespon pandemi Covid-19.

Rektor UI Ari Kuncoro menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Kemenristek/BRIN kepada para peneliti UI dalam menghasilkan terobosan inovasi dan penelitian berkenaan Covid-19.

Kolaborasi ini merupakan bentuk kolaborasi triple helix antara perguruan tinggi dengan pemerintah, yang semakin terbangun dengan baik.

"Di tengah situasi darurat akibat pandemik Covid-19, UI siap menghasilkan inovasi yang
menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan Covid-19, dengan memberikan luaran produk/kajian dari peneliti UI. Riset dan Inovasi UI berangkat dari kebutuhan di tengah masyarakat dan diarahkan pada hasil yang dapat dipakai langsung di dalam penanganan," jelasnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas