Tribun

Virus Corona

Pemerintah Dukung Pengembangan Obat Corona oleh Universitas Airlangga

Pemerintah akan mendukung upaya yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) untuk menciptakan obat virus corona.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
Pemerintah Dukung Pengembangan Obat Corona oleh Universitas Airlangga
unair.ac.id
Obat Covid-19 yang dikembangkan oleh Badan Intelejen Negara (BIN) dan tim Universitas Airlangga Surabaya. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan mendukung upaya yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) untuk menciptakan obat virus corona.

"Saya sudah berdiskusi dengan tim (Peneliti Unair) mengenai langkah-langkah yang sudah dilakukan, dan kira-kira nanti apa yang diperlukan terutama yang perlu dukungan dari pemerintah, terutama berkaitan dengan proses," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Rabu (17/6/2020).

Menurut Muhadjir, penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Unair sangat mendukung langkah pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Obat ini menurutnya dapat menurunkan tingkat kematian pasien Covid-19.

"Sehingga bisa memberikan kontibusi nyata dalam upaya kita untuk menangani Covid-19 terutama dalam mengurangi tingkat fatalitas yang di Indonesia ini masih tergolong tinggi," tutur Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, Unair merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi andalan untuk mendukung uji spesimen di wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya.

Dirinya juga menilai Unair memiliki fasilitas rumah sakit yang baik untuk penanganan pasien Covid-19.

"Itu karena di sini ada fasilitas laboratorium BSL-3 yang tingkat keamanannya untuk uji spesimen bisa dibilang 99 persen, termasuk akurasinya," pungkas Muhadjir.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas