Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pernah Ikut Atasi Tsunami Aceh, JK Bandingkan dengan Bencana Covid-19

Kalau wabah Covid-19 ini bersamaan terjadinya antara sebab dan akibat, sehingga harus diselesaikan berbarengan.

Pernah Ikut Atasi Tsunami Aceh, JK Bandingkan dengan Bencana Covid-19
Istimewa
Mantan Wapres RI yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla saat menyampaikan keterangan pers terkait pelonggaran rumah ibadah di masa new normal pandemi virus corona atau Covid-19 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menyampaikan perbandingan antara bencana alam tsunami dengan wabah corona atau Covid-19.

JK menjelaskan, saat ikut mengatasi tsunami Aceh maka itu sebagai bencana alam yang terjadi cukup 1 kali saja, sehingga akibatnya langsung diperbaiki.

"Diperbaiki akibatnya ketika tsunami, tsunami hanya 15 menit. Kadang 1 jam air masuk, tapi akibatnya diselesaikan bertahun-tahun," ujarnya saat teleconference, Jumat (19/6/2020).

Sedangkan, dia menjelaksan, kalau wabah Covid-19 ini bersamaan terjadinya antara sebab dan akibat, sehingga harus diselesaikan berbarengan.

"Artinya virus tetap cari mangsa. Disamping itu ekonomi krisis, rakyat tidak bekerja diatasi bersamaan sebab dan akibat," kata JK.

Kemudian, lanjutnya, bencana alam hanya terjadi di daerah tertentu, misal tsunami di Aceh atau gempa bumi di Yogyakarta, Jawa Tengah.

"Di tempat lain tidak terjadi bencana serupa di waktu bersamaan. Sekarang, seluruh Indonesia dan dunia kena Covid-19, kita harus mandiri, jangan harapkan bantuan dari mana-mana, itu bedanya," pungkasnya.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas