Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Presiden Minta Pelibatan TNI dan Polri di  57 Daerah Zona Merah Covid-19 

Penekanan pak Presiden ke depan Gugus Tugas bersama dengan Gugus Tugas Provinsi untuk memprioritaskan 57 Kabupaten atau Kota dengan tingkat resiko

Presiden Minta Pelibatan TNI dan Polri di  57 Daerah Zona Merah Covid-19 
Capture YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat gestur mengangkat tangan setelah menyampaikan kemungkinan reshuffle kabinet, dalam Sidang Kabinet Paripurna, Kamis (18/6/2020), diunggah Minggu (28/6/2020). 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gugus Tugas Nasional fokus membantu penanganan pandemi Covid-19 di 57 daerah yang masuk kategori zona merah atau beresiko tinggi penularan Covid-19

Hal itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai rapat terbatas percepatan penanganan Corona di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (29/6/2020),

"Penekanan pak Presiden ke depan Gugus Tugas bersama dengan Gugus Tugas Provinsi untuk memprioritaskan 57 Kabupaten atau Kota dengan tingkat resiko yang masih tinggi," kata Doni.

Menurut Doni, Gugus Tugas mengklasifikan daerah berdasarkan tingkat penyebaran Covid-19, diantaranya Zona Merah yakni daerah yang memiliki resiko tinggi penularan Covid-19,  Zona Orange yakni daerah yang memiliki resiko sedang penularan Covid-19,  Zona Kuning yakni daerah yang memiliki resiko rendah penularan, dan Zona Hijau yakni daerah yang tidak terdampak atau tidak ada penularan. Untuk Zona Hijau dibagi menjadi dua kategori, pertama daerah yang sama sekali tidak terdampak, dan kedua daerah yang tidak ada kasus baru dalam sebulan terakhir.

Baca: Presiden Jokowi: Siapkan Terobosan Baru untuk Percepat Penanganan Pandemik Covid-19

"Artinya tidak ada kasus baru selama satu bulan, tidak ada angka kematian selama 1 bulan, dan yang sakit atau menderita Covid-19 telah sembuh 100 persen," katanya.

Adapun perintah presiden dalam penangangan di 57 daerah Zona Merah tersebut menurut Doni yakni pelibatan seluruh komponen, terutama TNI dan Polri dalam upaya mitigasi dan pengurangan resiko. 

" Termasuk dibantu sejumlah tokoh,  yang ada di daerah, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, budayawan, termasuk juga melibatkan antropolog," pungkas Doni.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas