Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Robot Ini akan Bantu Penanganan Pasien Covid-19 di RS Royal Surabaya

Spero membantu tenaga kesehatan di rumah sakit dalam hal mengurangi sebagian beban kerja tenaga kesehatan, meminimalis penggunaan Alat Pelindung Diri

Robot Ini akan Bantu Penanganan Pasien Covid-19 di RS Royal Surabaya
Istimewa
Robot SPERO 

Laporan Wartawan Surya Tony Hermawan

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Rumah Sakit Royal Surabaya kini memiliki robot khusus yang siap membantu penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit itu.

Robot yang diberinama SPERO atau kependekan dari Support for Pandemic and Epidemic Robot merupakan ciptaan dosen UK Petra.

Robot ini diperkenalkan dan telah telah diserahkan melalui sebuah kegiatan peresmian dengan penandatangan kerjasama di lobby RS Royal Surabaya, Jumat (26/6/2020) lalu.

Kerjasama ditantangani oleh drg. Henny Poeri Margastuti, MARS selaku Direktur RS Royal Surabaya dan Petrus Santoso yang mewakili Rektor UK Petra.

Jubir RS Royal Surabaya, dr Dewa Nyoman Sutanaya mengatakan pada tahap awal robot tersebut akan ditempatkan di ruang isolasi.

Baca: Cerita Pemuda yang Dikenal Berkat Video Tarian Robot, Belajar dari YouTube hingga Dapat Penghargaan

"Konsep awal akan ditempatkan di isolasi untuk mengurangi risiko kontak. Ini yang pertama semoga menjadi langkah awal yang baik," kata Dewa di Surabaya belum lama ini.

Peran SPERO, kata dia diharapkan dapat membantu tenaga kesehatan di rumah sakit dalam hal mengurangi sebagian beban kerja tenaga kesehatan, meminimalis penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).

Kemudian mengurangi risiko paparan infeksi kepada tenaga kesehatan di rumah sakit, tanpa menghilangkan kualitas komunikasi antara tenaga kesehatan dan pasien.

"Sejauh ini konsep robot sesuai dengan konsep yang kami butuh. Untuk langkah pertama obat-obatan dulu dan komunikasi jarak jauh (video conference) antara pasien dan tenaga medis. Setelah berjalan akan pikirkan untuk makanan," ucapnya.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Surya
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas