Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kadishub DKI: Jumlah Kendaraan Saat Ini Sudah Mendekati Kondisi Sebelum Pandemi

terjadi pergeseran jam padat di masa PSBB transisi ini. Jam puncak kendaraan menjadi lebih lama dari kondisi normal.

Kadishub DKI: Jumlah Kendaraan Saat Ini Sudah Mendekati Kondisi Sebelum Pandemi
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PERPANJANGAN PSBB - Petugas gabungan melakukan pemeriksaan Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta terhadap para pengendara di depan pos satlantas Jakarta Barat, unitlantas Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (2/7/2020). Hal ini dilakukan terkait perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di ibukota hingga 14 hari ke depan. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jumlah kendaraan yang berlalu lalang di DKI Jakarta saat ini sudah mendekati kondisi sebelum pandemi Covid-19. Padahal Jakarta saat ini baru memasuki masa transisi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam rapat kebijakan mobilitas yang diunggah di kanal Youtube Pemprov DKI, Kamis (2/7/2020).

"Jumlah kendaraan saat ini sudah mendekat masa sebelum pandemi. Memang di PSBB masa transisi terlihat grafiknya sudah mendekati di angka normal," kata Syafrin.

Baca: DKI Jakarta Punya Lampu Hijau Lakukan Pelonggaran, Anies Tetap Pilih Lanjutkan PSBB Transisi

Meski begitu, terjadi pergeseran jam padat di masa PSBB transisi ini. Jam puncak kendaraan menjadi lebih lama dari kondisi normal.

Dimana ketika sebelum pandemi, jam sibuk terjadi pukul 06.00 - 08.00 WIB. Namun pada masa transisi, jam sibuk bergeser ke pukul 06.30 - 09.30 WIB.

"Puncaknya (jam padat) terjadi pergeseran. Jadi yang sebelumnya di normal jam 6 tinggi sampai jam 8 pagi. Angka di PSBB masa transisi ini terjadi peningkatan di 6.30, kemudian sampai dengan pukul 9.30," tuturnya.

Sementara proporsi moda kendaraan pribadi juga ikut berubah. Pada kondisi normal warga yang menggunakan mobil berkisar 27,5 persen, sedangkan roda dua 71,5 persen.

Tapi di masa PSBB transisi, ada peralihan dari warga yang menggunakan mobil ke kendaraan roda dua sebesar 1,3 persen.

"Pada masa transisi ini ada perubahan dari mobil ke roda dua, ada peningkatan menjadi 72,8 persen. Ada penambahan 1,3 persen untuk pergerakan orang menggunakan sepeda motor," pungkasnya.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas