Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pemerintah Bandingkan Kesembuhan dengan Negara Lain: Jepang Masih Lebih Tinggi, Brasil di Bawah Kita

Yuri membandingkan dengan Jepang, di mana tingkat kesembuhan di Jepang sudah di atas 90 persen.

Pemerintah Bandingkan Kesembuhan dengan Negara Lain: Jepang Masih Lebih Tinggi, Brasil di Bawah Kita
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Achmad Yurianto - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah membandingkan soal angka kesembuhan terkait Covid-19 di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Seperti diketahui, angka kesembuhan di Indonesia secara nasional adalah 44 persen.

"Kalau kita lihat angka global, memang angka kesembuhan global masih lebih tinggi ya, sekitar 55 persen, dan kita masih di bawah ya," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam siaran BNPB, Kamis (2/7/2020).

Yuri membandingkan dengan Jepang, di mana tingkat kesembuhan di Jepang sudah di atas 90 persen.

Ini bisa dipahami menurut Yuri, sebab Jepang lebih dulu terdampak Covid-19.

Baca: Cerita Pejuang Covid-19 dari Puskesmas, Sempat Gunakan Jas Hujan saat APD Masih Minim

"Tetapi kalau kita lihat negara-negara yang masih baru mengawalinya itu seperti Brasil itu angkanya masih jauh di bawah kita," kata Yurianto.

Di Indonesia sendiri, dikatakan Yuri, ada beberapa provinsi yang tingkat kesembuhannya sudah mencapai 70 hingga 80 persen.

Data per Rabu (1/7/2020) ada 13 provinsi yang tingkat kesembuhannya di atas 70 persen.

Ketiga belas provinsi dengan tingkat kesembuhan di atas 70 persen tersebut antara lain, Sumatra Barat dengan skor 81,1 persen, Riau dengan 73,5 persen, Bengkulu 71,2 persen, Lampung 79,3 persen, Bangka Belitung 86,8 persen, dan Kepulauan Riau dengan 81,6 persen.

Adapun provinsi lainnya adalah DI Yogyakarta 85,3 persen, Kalimantan Barat dengan 81,9 persen, Kalimantan Timur 73,7 persen, Kalimantan Utara 75,5 persen, Sulawesi Tengah dengan 82,3 persen, Gorontalo dengan 80,2 persen, dan Sulawesi Barat dengan angka kesembuhan 72,8 persen.

"Nah yang rendah ini adalah Maluku Utara, karena kita tahu ledakan kasus positifnya baru kita dapatkan dalam dua hari terakhir ini. Artinya, dalam dua hari terakhir inilah tingkat hunian rumah sakitnya naik karena ada satu kelompok yang kasus positifnya cukup tinggi," kata Yuri.

"Sementara untuk Bangka Belitung dalam dua minggu terakhir tambahan kasus barunya tidak pernah di atas 10, bahkan beberapa hari pernah 0, sama dengan Yogyakarta," pungkas Yuri.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas