Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Menkes Terawan Ingatkan Anak-anak Untuk Mematuhi Protokol Kesehatan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengajak anak-anak untuk belajar cara-cara menghadapi virus corona

Menkes Terawan Ingatkan Anak-anak Untuk Mematuhi Protokol Kesehatan
SERAMBI INDONESIA DAILY/HENDRI
Ilustrasi: Sejumlah Siswa di SMAN 1 Indrapuri, Aceh Besar membersihkan sekolahnya, Senin (13/7/2020). Pada hari pertama masuk sekolah di sana belum melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka dan masih dilakukan dari rumah secara daring atau bentuk lain memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki secara optimal karena kasus COVID-19 di Aceh masih tinggi. (SERAMBI INDONESIA/HENDRI) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengajak anak-anak untuk belajar cara-cara menghadapi virus corona (covid-19) yang masih menjasi masalah kesehatan global.

Terawan mengajak anak-anak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai makser, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak.

"Protokol kesehatan harus anak-anak laksanakan, pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan sehingga ayah yakin angka posiirf tertular makin kecil karena dimulai dari anak-anak," ucap Terawan, Selasa (14/7/2020)

Selama di rumah aja dan belajar dari rumah untuk menghindari covid-19, anak-anak diingatkan untuk menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat.

Baca: Menkes Ganti Beberapa Istilah Terkait Covid-19, Ini Tanggapan Pimpinan DPR

"Tingkatkan imunitas tubuh kita, setelah imun tubuh kuat kan tidak mudah terinfeksi, lalu melaksanan protokol kesehatan supaya tidak terpapar covid-19," kata Terawan.

Kepada anak-anak Terawan juga mengingatkan jangan sampai stres gara-gara pandemi covid-19 karena bisa menurunkan imunitas dan jadi tidak percaya diri mampu melawan covid-19.

Baca: Pandemi Covid-19, Upacara Pembukaan MPLS SMAN 15 Bandung Dilangsungkan secara Virtual

Supaya tidak stres lalukanlah kegiatan yang positif, berkomunikasi dengan teman sebaya walaupun saat ini hanya bisa dari layar handphone atau hanya dari jauh saat bisa bertemu dengan orang lain.

"Anak-anak saya harapkan tidak stres dengan melakukan kegiatan yang positif, berkomunikasi antara anak-anak dengan bahasa anak-anak supaya makin percaya diri dan imunitas makin meningkat," kata Terawan.

"Tetap bercanda namun tidak mengabaikan protokol kesehatan," ucap Terawan.

Anak-anak pun sama resikonya dengan orang dewasa dalam penularan covid-19, karena virus ini mudah menular melalui droplet atau partikel kecil ludah yang keluar saat orang yang positif covid-19 bersin, batuk, maupun berbicara.

Ikuti kami di
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas