Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota DPR Usul Pemerintah Gratiskan Biaya Tes Swab

Perkembangan angka kasus positif Covid-19 di Indonesia cenderung naik turun.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Anggota DPR Usul Pemerintah Gratiskan Biaya Tes Swab
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar menghadiri pembukaan sarasehan di Jakarta, Jumat (29/4/2016). Sarasehan yang dihadiri perwakilan dari lintas kementerian dan lembaga terkait ini mengulas tentang penyelesaian masalahan pertanahan di kawasan transmigrasi. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perkembangan angka kasus positif Covid-19 di Indonesia cenderung naik turun.

Fakta tersebut justru bukan saatnya untuk lengah, sebaliknya seluruh jajaran pemerintah melalui kementerian, lembaga dan badan hingga BUMN serta pemerintah daerah lebih memasifkan test PCR (polymerase chain reaction) atau test Swab serta menggratiskannya buat warga masyarakat biasa.

"Kita meyakini dan mempercayai, dengan tes PCR Swab secara masif dan gratis khususnya oleh jajaran pemerintah dan terutama untuk warga masyarakat biasa yang kurang mampu, akan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona secara signifikan," ujar Anggota DPR Marwan Jafar saat dihubungi, Senin (20/7/2020).

Baca: Pendapatnya Soal Foto Jenazah Pasien Covid-19 Dikecam, Anji Manji Bicara Perbedaan Sudut Pandang

Ia menambahkan, bersamaan dengan itu pemerintah juga perlu berkoordinasi dengan segenap elemen tokoh masyarakat, keagamaan dan organisasi masyarakat terus memberikan pemahaman agar tetap disiplin mengutamakan keamanan diri serta mentaati protokol kesehatan.

Marwan Jafar tak lupa juga menyampaikan apresiasi besar dan mendoakan tulus para petugas medis yang tetap bekerja di titik terdepan bahkan gugur dalam tugas saat menangani para korban Covid-19.

Di sisi lain, mantan Ketua Fraksi PKB ini senantiasa mengingatkan segenap warga masyarakat tetap disiplin memakai masker maupun plastik tebal pelindung wajah (face shield) buat aktivitas di luar rumah, membawa hand sanitizer, sering mencuci tangan dengan cairan pembersih, mengkonsumsi makanan bergizi, cukup istirahat serta cukup berolah raga buat menjaga stamina dan ketahanan tubuh.

"Proses yang memberi sinyal positif adalah ketika kurva kasus melandai, kemudian konsisten menurun. Kasus naik-turun justru bukan saatnya lengah,"kata Mantan Menteri Desa PDTT ini. (Willy Widianto)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas