Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Satu Pasien Sempat Dikabarkan Kabur dari RSD Wisma Atlet, Ternyata Hanya Salah Paham

Aris mengatakan pasien kembali sendiri. Permasalahan tersebut menurutnya hanya sebatas kesalahpahaman.

Satu Pasien Sempat Dikabarkan Kabur dari RSD Wisma Atlet, Ternyata Hanya Salah Paham
Tangkapan layar
Tangkapan layar video viral yang beredar luas di media sosial ketika beberapa orang memakai APD mengejar seseorang yang diduga pasien Covid-19 yang kabur diduga berlokasi di RSSA Malang, Rabu (15/7/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Kolonel Marinir Aris Mudian mengatakan, pasien Covid-19 yang diberitakan kabur dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sudah kembali.

Aris menyatakan, permasalahan tersebut sebatas kesalahpahaman.

"Sudah, kemarin sudah kembali itu hanya kesalahan saja. Nanti ada penjelasan dari Penerangan Kodam Jaya," kata Aris, saat dihubungi pada Minggu (26/7/2020) pagi.

Saat ditanya proses kepulangan pasien, Aris mengatakan pasien kembali sendiri. Ia mengatakan nantinya informasi lebih jelas akan disampaikan pihak Kodam Jaya.

Baca: Seorang Pasien Covid-19 Kabur dari Ruang Perawatan RSD Wisma Atlet Kemayoran

"Itu hanya salah info. Dia sudah kembali sendiri," kata Aris.

Aris sebelumnya mengatakan, seorang pasien positif Covid-19 ke luar tanpa izin dari RSD Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

"(Pasien) inisial S, laki-laki, 39 tahun," kata Aris dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes usap (swab) pertama itu kabur dari ruang perawatan di Tower A 1007.

Namun, Aris tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai kronologi kaburnya pasien yang berprofesi sebagai wiraswasta tersebut.

Pasien tersebut masuk dalam data pasien ke luar di RSD Covid-19 Wisma Atlet Jakarta sejak Sabtu (25/7) pukul 08.00 WIB, dari total 5.484 pasien.

"Pasien ke luar sebanyak 5.484 orang, terdiri atas 186 pasien yang dirujuk ke rumah sakit (RS) lain, pasien sembuh 5.294 orang, tiga pasien meninggal, dan satu pasien kabur," kata dia.

Data tersebut merupakan rekapitulasi pasien keluar RSD Covid-19 Wisma Atlet sejak 23 Maret hingga 25 Juli 2020, dari 7.964 pasien yang terdaftar. (Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hanya Salah Paham, Pasien Covid-19 yang Kabur dari RSD Wisma Atlet Sudah Kembali"

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas