Tribun

Virus Corona

Lebih dari 30 Ribu Relawan Kini Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

Relawan ini terbagi dalam dua kelompok, yaitu relawan medis yang berfokus pada membantu di ruang lingkup kesehatan dan psikologi

Editor: Eko Sutriyanto
Lebih dari 30 Ribu Relawan Kini Bantu Percepatan Penanganan Covid-19
Dok. BNPB
Koordinator Tim Relawan Andre Rahardian dalam keterangannya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (29/4/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Andre Rahadian mengatakan, telah berhasil mengumpulkan lebih dari 30.000 relawan untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia.

Relawan ini terbagi dalam dua kelompok, yaitu relawan medis yang berfokus pada membantu di ruang lingkup kesehatan dan psikologi.

"Juga relawan non medis yang terjun langsung memberikan sosialisasi dan edukasi pencegahan COVID-19 dan membantu pendistribusian bantuan kepada masyarakat yang terdampak," kata Andre Rahadian di Jakarta belum lama ini.

Andre mengungkapkan hal itu saat menerima bantuan dari Orang Tua Group berupa seribu paket produk-produk OT yang sudah cukup dikenal di masyarakat yaitu wafer Tango, Chizmill dan Fullo.

Sejak Maret 2020, OT Group telah melakukan sejumlah aksi sosial terkait penanggulangan COVID-19 yang menjangkau masyarakat umum terdampak dan tenaga medis di hampir seluruh wilayah Indonesia. 

Baca: Cerita Aida Saskia Hibur Relawan Covid-19 di Wisma Atlet

Andre menyebutkan saat ini pandemi COVID-19 belum usai, bahkan angka-angka kasus baru yang dirilis resmi oleh pemerintah masih menunjukkan tren kenaikan sementara masyarakat  saat ini berada dalam fase menjalani adaptasi kehidupan baru.

Andre kembali mengingatkan, semua pihak harus bergandengan tangan dan memiliki kepedulian bersama untuk segera memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menjalankan adaptasi kebiasaan baru secara disiplin dan konsisten.

Apalagi dampak pandemi COVID-19 telah melumpuhkan banyak aspek kehidupan masyarakat yang hingga saat ini masih belum pulih sepenuhnya.

orang tua group bantuan12
OT Group kembali memberikan dukungan untuk penanggulangan pandemi COVID-19 melalui Tim Koordinator Relawan Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Di masa-masa awal penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), terjadi lonjakan partisipasi sosial dari masyarakat untuk saling membantu.

"Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh OT Group secara konsisten, semoga pihak-pihak lain juga dapat turut bergabung bersama dalam penanganan COVID-19." Jelas Andre.

Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing OT Group memyatakan, aksi sosial pertama kami di masa pandemi COVID-19 adalah bantuan sosial lintas agama yang diserahkan kepada pengurus Masjid Istiqlal Jakarta.

Baca: Vaksin Covid-19 dari China Tengah Tahap Uji Klinis, Bio Farma Cari Relawan untuk Tes, Ini Syaratnya

Kemudian bantuan untuk tim medis di 18 rumah sakit di empat provinsi. Selanjutnya kami juga telah membantu 25 panti asuhan di sembilan provinsi di Indonesia dan memberikan bantuan kepada lebih dari 15.000 warga di 21 provinsi.

"Juga komunitas tuna netra di Jakarta juga kami telah bantu. Bantuan yang diberikan berupa produk makanan dan minuman, kebersihan dan sanitasi, APD, masker, dan sembako," ujarnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas