Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Klaster Secapa AD 12 Agustus: Pasien Positif Covid-19 Tinggal 12 Orang

Andika mengatakan sebanyak 457 siswa Secapa AD tersebut telah dinyatakan dua kali negatif berdasarkan hasil tes swab.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Update Klaster Secapa AD 12 Agustus: Pasien Positif Covid-19 Tinggal 12 Orang
Istimewa
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan pasien positif Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) telah berkurang 52 pasien lagi pada Rabu (12/8/2020).

Nefra menjelaskan 52 orang tersebut telah dinyatakan negatif covid-19 berdasarkan hasil lab PCR dari tes swab lanjutan.

Tercatat total pasien covid-19 yang dinyatakan negatif dari hasil tes swab lanjutan atau telah sembuh berjumlah 1.296 orang.

Baca: Update Klaster Secapa AD 11 Agustus: Pasien Positif Covid-19 Tinggal 64 Orang

Sehingga saat ini jumlah pasien yang masih positif covid-19 tinggal 12 pasien atau 0,9 persen dari jumlah awal yakni 1.308.

"Jadi dari total 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD, pada pagi ini sudah berkurang 1.296 orang atau 99,1% sudah menjadi negatif, menjadi tinggal 12 orang atau 0,9% masih positif," kata Nefra dalam press releasnya pada Rabu (12/8/2020).

Sebelumnya Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin langsung acara pelepasan 457 siswa Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Bandung Jawa Barat pada Selasa (29/7/2020).

Andika mengatakan sebanyak 457 siswa Secapa AD tersebut telah dinyatakan dua kali negatif berdasarkan hasil tes swab.

BERITA TERKAIT

Faktor yang mendukung kesembuhan mereka di antaranya hasil penanganan dengan Plasma Konvalesen dan konsumsi obat uji klinis oleh tim dokter dan tim gabungan Angkatan Darat, BIN, dan UNAIR. 

Selain itu Andika mengatakan mereka yang telah sembuh juga telah mendapatkan perawatan yang intensif baik dari malanan, pola tidur, hingga olah raga teratur. 

Andika berharap uji klinis yang dilakukan oleh Angkatan Darat bersama UNAIR dan BIN bisa segera selesai sehingga hasilnya dapat menyelamatkan banyak nyawa masyarakat Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Andika dalam tayangan TNI AD 60 Detik yang diunggah lewat akun Instagram TNI AD, @tni_angkatan_darat, pada Rabu (29/7/2020).

"Kita berharap uji klinis dr Purwati (Perwakilan UNAIR) dengan tim gabungan dari Angkatan Darat dan Badan Intelijen Negara segera tuntas. Hasil dari uji klinis yang kemudian akan menolong banyak nyawa masyarakat Indonesia," kata Andika.

Andika juga mengatakan para siswa yang telah dinyatakan pulih dari hasil tes dua kali negatif ini tersebut akan mendonorkan darahnya secara sukarela untuk plasma konvalesen dan melanjutkan pemulihan serta pendidikan mereka di Pusat Pendidikan Infanteri AD Cipatat Bandung Jawa Barat. 

Pendonoran darah yang akan dilakukan nanti merupakan upaya dalam membantu pemenuhan stock terapi plasma konvalesen pada pemulihan pasien positif covid-19.

"Pemindahan siswa Secapa-AD ke Pusdikif di Cipatat, Bandung Jawa Barat ini merupakan tahap lanjutan mereka untuk pendidikan dasar kecabangan," kata Andika. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas