Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cara Sehat dan Aman Memakai Masker Kain , Ini Panduan dari Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan langkah-langkah memakai masker untuk masyarakat yang sehat dan aman.

Cara Sehat dan Aman Memakai Masker Kain , Ini Panduan dari Kemenkes
Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga melakukan proses pembuatan masker berbahan kain di Balai Latihan Kerja (BLK) Larangan, Tangerang, Banten, Kamis (16/4/2020). Pemerintah Kota Tangerang memanfaatkan BLK yang ada di Kota Tangerang serta memberdayakan warga sekitar untuk memproduksi ribuan masker kain yang nantinya akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat Tangerang. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan langkah-langkah memakai masker untuk masyarakat yang sehat dan aman selama pandemi covid-19.

Di sini, Kemenkes menyebut bahwa masker kain diperuntukkan bagi masyarakat umum, sementara masker media untuk tenaga kesehatan dan orang yang sedang sakit.

Saat akan memakai masker, masyarakat diminta memegang bagian ujung tepi masker.

"Yang dipegang bagian tepi, lalu ujung masker yang bagian depan bawah ditarik ke bawah untuk menutupi mulut hingga dagu. Bagian ujung atas depan dipastikan juga sudah menutupi hidung," kata Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes, Riskiyana Sukandhi Putra dalam dialog publik di Graha BNPB, Kamis (13/8/2020).

Rizki menyebut jika ingin makan atau minum, sebaiknya masker dilepas, tidak dinaik-turunkan atau ditaruh di bawah dagu.

Kebiasaan tersebut, dikatakan Rizki, justru tidak sehat karena bisa menyebabkan bagian dalam masker kita menyentuh bagian tubuh yang tidak terlindungi.

Baca: Trio Macan Ditegur dan Diusir Ganjar Pranowo Karena Tak Pakai Masker, Kalau di Jateng Bakal Diusir

Baca: Pemerintah Distribusikan Masker Kain Buatan Fukushima untuk Rakyat Jepang

"Lepas masker dengan memegang talinya. Masker yang sudah dilepas segera dimasukkan ke dalam tisu atau lipatan kain. Taruh masker sebagaimana posisi membuat sandwich di antara lipatan kain atau tisu itu, lalu letakkan," kata dia.

Risky melanjutkan saat masker ingin dipakai lagi, maka lakukan seperti langkah-langkah di atas.

"Setelah selesai dipakai, masker sebaiknya langsung dibuang untuk masker medis. Untuk masker kain, langsung dicuci kembali menggunakan air hanga 60 derajat dan sabun, dikucak dan diberi detergen," ujarnya

"Keringkan masker kain di bawah sinar matahari, setelah kering, kemudian disetrika. Setelah itu kita cuci tangan. Masker kain bisa dipakai berilang selama tidak rusak," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Reza Deni
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas