Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Hari Ini Total Perwira Eks Pasien Covid-19 Klaster Secapa AD Pendonor Plasma Darah 155 Orang

hingga hari ini total sudah 155 mantan pasien covid-19 klaster Secapa AD sudah mendonorkan plasma darahnya.

Hari Ini Total Perwira Eks Pasien Covid-19 Klaster Secapa AD Pendonor Plasma Darah 155 Orang
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
DONOR PLASMA KONVALESEN - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surabaya memberikan layanan donor plasma konvalesen yang dilakukan secara sukarela oleh dua warga Kota Surabaya, Selasa (30/6). UDD PMI Kota Surabaya, secara resmi telah membuka layanan donor plasma konvalesen, yang memang secara spesifik dan khusus dilakukan oleh mereka yang sudah dinyatakan sembuh dari status positif Covid-19. Plasma konvalesen merupakan terapi yang diberikan kepada pasien Covid-19 kondisi berat. Terapi ini membutuhkan plasma darah dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh. Beberapa syarat diantaranya harus sudah negatif Covid-19, memiliki kadar antibodi yang cukup, dan memenuhi persyaratan untuk donor darah. Misalnya, darah tidak mengandung malaria, HIV, maupun hepatitis. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jumlah Perwira mantan pasien Covid-19 klaster Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) pendonor plasma darah untuk terapi plasma konvalesen terus bertambah.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI Nefra mengatakan hari ini Jumat (14/8/2020) ada 20 perwira mantan pasien covid-19 klaster Sekolah Tinggi Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) lagi yang mendonorkan plasma darahnya untuk terapi plasma konvalesen

Dengan demikian hingga hari ini total sudah 155 mantan pasien covid-19 klaster Secapa AD sudah mendonorkan plasma darahnya. 

"Pagi ini ada 20 Perwira mantan (siswa) Secapa lagi yang donor plasma, sehingga total mantan Perwira Secapa AD pendonor terapi plasma convalesence sampai dengan hari ini berjumlah 155 orang," kata Nefra dalam press releasenya pada Jumat (14/8/2020).

Baca: Update Klaster Secapa AD 14 Agustus: Pasien Positif Covid-19 Tinggal 4 Orang

Diketahui terapi plasma konvalesen tersebut juga dilakukan untuk membantu proses penyembuhan pasien covid-19 klaster Secapa AD.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa juga telah melakukan peningkatan jumlah alat unit transfusi darah untuk donor plasma kovalesen di RSPAD Gatot Soebroto senilai sekira Rp 4 miliar. 

Peningkatan alat tersebut diharapkan dapat menambahkan kemampuan RSPAD Gatot Soebroto baik secara kapasitas maupun operasional donor darah.

Peningkatkan jumlah alat tersebut diharapkan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit yang membutuhkan plasma konvalesen

Andika juga mengarahkan agar para Perwira Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang telah dinyatakan negatif Covid-19 secara sukarela untuk melakukan donor plasma darah di RSPAD Gatot Seoberoto Jakarta Pusat pada Senin (3/8/2020) sepekan lalu. 

"Dengan bantuan alat untuk Unit Transfusi Darah (UTD) serta pendonor 32 Perwira Secapa ini akan sangat membantu kapasitas serta kelangsungan terapi plasma convalescent pasien covid-19," kata Andika dalam akun Instagram resmi TNI AD, @tni_angkatan_darat, pada Selasa (4/8/2020).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas