Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Persentase Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 di Wisma Atlet Capai 75 Persen

Dony mengatakan pasien yang dirawat di Wisma Atlet jumlahnya sekitar 13 ribu lebih, dan yang sudah sembuh berjumlah 10 ribu lebih.

Persentase Kesembuhan Pasien Positif Covid-19 di Wisma Atlet Capai 75 Persen
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Petugas Hotel Ibis Styles Mangga Dua Jakarta memakai alat pelindung diri (APD) lengkap menerima barang kiriman untuk pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) yang sedang melakukan isolasi mandiri, Rabu (30/9/2020). Dalam menjalankan tugasnya, petugas hotel selalu memakai APD lengkap dan melayani kebutuhan pasien OTG termasuk menerima dan mengantarkan barang kiriman ke kamar pasien. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet mencatat angka kesembuhan pasien positif pada awal Oktober ini mengalami peningkatan.

"Di Wisma Atlet sendiri kalau dari minggu kemarin 71 persen, (persentase) angka kesembuhan sekarang jadi 75 persen," kata Koordinator Oeprasional RS Darurat Covid-19, Kolonel Ckm dr. Stephanus Dony dalam dialog di kanal Youtube BNPB, Kamis (1/10/2020).

Secara kumulatif, Dony mengatakan pasien yang dirawat di Wisma Atlet jumlahnya sekitar 13 ribu lebih, dan yang sudah sembuh berjumlah 10 ribu lebih.

Hal ini menurut Dony, salah satu faktornya karena pola terapi kepada para pasien dan hasil lab tes swab atau PCR.

"Apakah itu bisa lebih cepat ditampilkan, atau hasil lab ini yang ditunggu setelah diswab memerlukan waku yang lama ini akan berpengaruh pada angka kesembuhan itu sendiri," lanjutnya.

Baca: Persepsi Sebagian Masyarakat Tak Mungkin Tertular Covid-19, Satgas: Virus Ini Tak Pandang Bulu

Hasil tes PCR di Wisma Atlet, dikatakan Dony, membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Namun, hasilnya secara kumulatif keluar di hari esoknya.

"Artinya kalau kita swab hari ini, hasil kumulatif itu besok sudah ada. Malam sudah masuk, besok sudah ada datanya," kata Dony.

"Begitu juga pemulangan pasien memerlukan prosedur. Ini kita lngkapi dengan surat-surat yang harus mereka bawa. Jadi dengan proses itu, kalau hari ini diswab, sore atah malam sudah ada hasilnya. Jadi satu hari sudah selesai," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas