Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Akademisi UI Sebut Pasien Covid-19 Perlu Tanamkan Sikap Terbuka atas Kondisinya

Angka tambahan ini seperti diketahui menurun ketimbang pada hari Kamis kemarin yang mencapai 4.850 kasus.

Akademisi UI Sebut Pasien Covid-19 Perlu Tanamkan Sikap Terbuka atas Kondisinya
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi: Petugas Hotel Ibis Styles Mangga Dua Jakarta memakai alat pelindung diri (APD) lengkap untuk menerima pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) yang akan melakukan isolasi, Rabu (30/9/2020). Dalam menjalankan tugasnya, petugas hotel selalu memakai APD lengkap dan melayani kebutuhan pasien OTG termasuk menerima dan mengantarkan barang kiriman ke kamar pasien. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Akademisi Psikologi Universitas Indonesia (UI), Mira Amir menyebut pasien Covid-19 perlu bersikap terbuka dan menanamkan pemahaman bahwa yang terinfeksi virus ini bukanlah segelintir orang.

"Sepertinya perlu ditanamkan bahwa yang sakit bukan cuma kita sendiri loh. Sudah banyak yang memang sudah terpapar," kata Mira dalam dialog publik di Graha BNPB, Jumat (9/10/2020).

Hal tersebut guna menghilangkan stigma negatif terhadap orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasalnya, jika pasien Covid-19 hanya memendam penyakitnya dan tidak memberi tahu pada pihak manapun, Mira meyakini hal itu cuma membuat perasaan tidak nyaman.

"Tapi ketika mampu bersikap terbuka itu sebenarnya sudah setengah menuju kesembuhan," beber dia.

Begitu juga dengan lingkungan di sekitar, yang menurut Mira, harus terus memberikan dukungan agar seorang pasien bisa sembuh dari virus corona.

"Lingkungan kita ini amat sangat suportif pemerintah kita amat sangat peduli, tenaga kesehatan kita luar biasa all out berjuang teman-teman untuk lekas sembuh," lanjutnya.

"Teman-teman kita banyak yang baik kok, lingkungan kita sebenarnya positif kok, gitu. Ayo kita terbuka, jujur, karena itu sudah setengah dari pengobatan," pungkas Mira.

Seperti diketahui, pasien terkonfirmasi Covid-19 hari ini sebanyak 4.094 orang, sehingga total kasus positif Covid-19 sebanyak 324.658 orang.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Reza Deni
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas