Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kontribusi 10 Provinsi Prioritas Terhadap Kasus Aktif Covid-19 Nasional Menurun

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito merasa prihatin dengan meningkatnya kasus aktif nasional per 15 Oktober 2020.

Kontribusi 10 Provinsi Prioritas Terhadap Kasus Aktif Covid-19 Nasional Menurun
istimewa/Gugus Tugas covid
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat memberi keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito merasa prihatin dengan meningkatnya kasus aktif nasional per 15 Oktober 2020.

Meskipun demikian menurut Wiku kontribusi kasus aktif nasional dari 10 Provinsi prioritas mengalami penurunan.

Kesepuluh Provinsi prioritas tersebut yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, Bali, dan Banten.

Pada 27 September lalu persentase kasus aktif di 10 provinsi menyumbang 67,62 persen dari kasus aktif nasional. Pada 4 Oktober persentase menurun menjadi 66,38 persen, dan kemudian pada 11 Oktober mencapai 65,64 persen.

"Ini adalah kabar baik dan perlu untuk terus ditekan, sehingga persentase kontribusi kasus aktif di 10 provinsi prioritas ini dapat semakin menurun," kata Wiku dalam Konferensi Pers Virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, (15/10/2020).

Baca juga: Bisa Sembuhkan Covid-19, Dukun Jadi-jadian Cabuli 7 Wanita di Tangerang

Hanya saja untuk kasus kesembuhan, kontribusi 10 provinsi prioritas terhadap nasional mengalami penurunan. Pada 27 September kontribusi kasus kesembuhan di 10 provinsi prioritas sebesar 79,35 persen, pada tanggal 4 Oktober menjadi 77,64 persen dan terkahir 11 Oktober menjadi 76,81 persen.

"Tingkat kesembuhan ini harus selalu ditingkatkan baik di 10 provinsi prioritas maupun ditingkat nasional, di 10 provinsi priorotas diharapkan dapat berkontribusi lebih tinggi dalam angka kesembuhan nasional," katanya.

Sementara itu, untuk kasus meninggal menurut Wiku masih terjadi peningkatan baik ditingkat nasional maupun di 10 provinsi prioritas.

Baca juga: Fakta Seputar Long Covid yang Harus Diketahui, Penderita Tak Kunjung Sembuh setelah Berbulan-bulan

Namun, kontribusinya terhadap jumlah kematian nasional cenderung mengalami penurunan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas