Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Satgas Covid-19: Tingkat Kesadaran Penggunaan Masker Naik, Namun Kesadaran Mencuci Tangan Menurun

Risiko penularan virus corona di transportasi publik bisa ditekan bila kedisiplinan masyarakat tinggi dalam menerapkan kesehatan.

Satgas Covid-19: Tingkat Kesadaran Penggunaan Masker Naik, Namun Kesadaran Mencuci Tangan Menurun
Ist
Tri Achmadi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Risiko penularan virus corona di transportasi publik bisa ditekan bila kedisiplinan masyarakat tinggi dalam menerapkan kesehatan.

Menyikapi perilaku masyarakat terhadap protokol kesehatan di transportasi, Satgas Covid-19 terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Namun ada beberapa hal yang masih menjadi catatan pihak terkait, termasuk pemerintah untuk melakukan upaya ekstra dalam sosialisasi tersebut.

Hal Tim pakar perubahan perilaku Satgas Covid-19, Tri Achmadi dalam webinar Mencegah Penyebaran Covid-19 di Transportasi Umum, Jumat (23/10/2020).

"BPS telah melakukan survei terhadap masyarakat dalam menyikapi protokol kesehatan terhadap perilaku," ujar Tri Achmadi.

Baca juga: Jangan Berspekulasi Soal Uji Klinis dan Harga Vaksin Covid-19, Satgas: Pilah Informasi yang Akurat

Survei BPS tahun 2020 mengungkapkan progres perubahan perilaku masyarakat dalam penggunaan masker di bulan Septembet meningkat signifikan dibandingkan bulan April atau diawal masa pandemi.

Data menunjukkan terjadi peningkatan sekiranya 12 persen kesadaran masyarakat menggunakan masker di transportasi umum (dari 80 persen meningkat menjadi 92 persen)

"Artinya pengguna transportasi umum di masyarakat kita sudah mulai banyak yang menggunakan masker," ujarnya.

Namun, perubahan perilaku tersebut belum dibarengi dengan peningkatan perilaku menjaga jarak dan mencuci tangan.

Bahkan diterangkannya perilaku mencuci tangan di masyarakat, berdasarkan data tersebut menurun sebanyak 5 persen (dari 80 persen ke 75 persen).

Seorang anak mencuci tangan menggunakan wastafel kran injak PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) yang terdapat di Rusunawa Pesakih, Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (15/10/2020). Menyambut hari cuci tangan sedunia yang jatuh setiap 15 November, Palyja membagikan westafel kran injak di 13 kelurahan dan 4 rumah susun di Jakarta. Tribunnews/Irwan Rismawan
Seorang anak mencuci tangan menggunakan wastafel kran injak PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) yang terdapat di Rusunawa Pesakih, Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (15/10/2020). Menyambut hari cuci tangan sedunia yang jatuh setiap 15 November, Palyja membagikan westafel kran injak di 13 kelurahan dan 4 rumah susun di Jakarta. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)
Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas