Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun

Penanganan Covid

Berikut Cara Mengajarkan Anak-anak Mensosialisasikan Adapatasi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi

Arie membagikan cara bagaimana mengajarkan anak-anak dalam menjalankan protokol kesehatan di masa adapatasi kebiasaan baru ini.

Berikut Cara Mengajarkan Anak-anak Mensosialisasikan Adapatasi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi anaka-anak bermain. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komite Pengendalian Covid-19 Unicef Arie Rukmantara mengatakan, anak-anak adalah kelompok yang perlu dilindungi juga dari wabah pandemi Covid-19.

Arie membagikan cara bagaimana mengajarkan anak-anak dalam menjalankan protokol kesehatan di masa adapatasi kebiasaan baru ini.

Menurut Arie, penerapan 3 M yakni, menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga cara adalah cara yang ampuh saat ini. Terlebih, bisa dipraktikan oleh anak-anak.

Hal itu disampaikan Arie dalam webinar bertajuk Sosialisasi Adapatasi Kebiasaan Baru yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Rabu (25/11/2020).

"Ada beberapa cara, yang pertama jelas harus berdasarkan prinsip bahwa masker itu digunakan karena memang bahwa masker menurunkan resiko sampai ke 50 persen sampai 70 persen kalau pakai masker bedah," kata Arie.

"Mencuci tangan sampai ke tingkat 85 persen dan yang harus dibiasakan menjaga jarak atau menghindari kerumunan," tambahnya.

Baca juga: Menaker Sebut 29,12 Juta Orang Penduduk Usia Kerja Terkena Dampak Covid-19

Arie menambahkan, jika penerapan disiplin 3M ini benar-benar dijalankan, maka anak-anal maupun orang dewasa bisa terlindingi dari bahaya penularan Covid-19.

Tentunya, bisa tetap produktif dan aman dalam beraktifitas.

Selain itu, ia menilai pentingnya edukasi kepada anak-anak akan pentingnya disiplin protokol kesehatan.

Hal tersebut dibisa dilakukan dengan memberikan contoh yang baik ke mereka.

"anak-anak itu mudah menerimanya ya, bahwa 1 x1= 1 bukan hafalan. Tapi ada penjelasannya bahwa masker 3M untuk melindungi anak-anak. Kedua adalah mencontohkan ini dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri harmonis sinergis untuk menunjukkan bahwa 3M ini memang yang ampuh untuk memutus rantai penularan," jelasnya.

"Terakhir, mungkin ini adalah sebuah penelitian. Orang percaya sesuatu itu benar kalau dia mendengarnya 5-6 kali dari 5 dan 6 sumber berbeda jadi Artinya, kita mengajarkan anak-anak ini harus berkali-kali dan menerima informasi tersebut dari berbagai macam sumber," ucapnya.

Catatan Redaksi:  Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin) Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas