Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Antisipasi Menkes Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Natal dan Tahun Baru

Budi Gunadi Sadikin mengatakan persiapan tersebut berupa penambahan tempat tidur di ruang perawatan biasa dan ruang ICU.

Antisipasi Menkes Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Natal dan Tahun Baru
TRIBUN/HO/BIRO PERS/MUCHLIS JR
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengikuti upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Presiden melantik enam menteri untuk menggantikan posisi menteri lama (reshuffle) dan lima wakil menteri, diantaranya Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. TRIBUNNEWS/HO/BIRO PERS/MUCHLIS JR

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan upaya antisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan persiapan tersebut berupa penambahan tempat tidur di ruang perawatan biasa dan ruang ICU.

“Sebenarnya tempatnya ada, tinggal tambah jumlah bed (tempat tidur) dan ICU-ya. Bisa sampai 100 bed tambahan. Dengan menambah jumlah bed di rumah sakit eksisting yang ada sekarang, teknisnya jadi lebih mudah,” kata Menkes  dalam konferensi pers  "Langkah Antisipatif Menghadapi Lonjakan Kasus COVID-19" yang digelar virtual, Jumat (25/12/2020).

Baca juga: Kemenkes Bakal Bentuk Relawan Perawat untuk Tangani Covid-19

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan  sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan seperti perawat.

"Jumlah dokter cukup, alat kesehatannya cukup, ruangannya juga ada bisa nambah 100, tetapi kita butuh perawat,” ungkap Budi.

Terkait penambahan perawat, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan RSCM untuk menyusun program relawan perawat.

Menkes Budi pun meminta masyarakat tetap berada di rumah selama liburan ini.

Jika pun harus keluar rumah, tetaplah disiplin untuk menerapkan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak

“Jangan sampai sesudah liburan yang indah kemudian keluarga kita ada yang kena (Covid-19),” ujarnya.

Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas