Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pahami Keputusan Pemerintah Perpanjang PPKM, Wagub DKI: Faktanya Kasus Masih Tinggi  

Perpanjangan ini diputuskan berdasarkan hasil evaluasi terkait perkembangan kasus positif Corona sejak PPKM diberlakukan

Pahami Keputusan Pemerintah Perpanjang PPKM, Wagub DKI: Faktanya Kasus Masih Tinggi  
Tangkap layar channel YouTube KompasTV
Wagub DKI Riza Patria Tiba di Polda Metro Jaya pukul 11.00 WIB, Senin (23/11/2020) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung kebijakan Pemerintah Pusat yang perpanjang Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari 2021.

"Tentu itu diputuskan berdasarkan fakta - fakta, data dan angka (kasus) yang masih cukup besar, masih tinggi. Kami memamahi, mengerti dan kami juga akan mendukung kebijakan yang diambil," ucap Riza kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).

Politikus Partai Gerindra itu juga menyatakan Gubernur Anies Baswedan turut memberi dukungan penuh untuk menyelaraskan kebijakan perpanjangan masa PPKM di ibu kota. Mengingat, kasus Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali juga terbilang tinggi.

Ia berharap dengan perpanjangan PPKM ini, kasus Covid-19 kembali melandai.

Baca juga: Viral Virus Corona Tulari Satu Keluarga Termasuk Anak Balita, Sang Ayah Sampai Terpapar Dua Kali

Baca juga: Jadi Trendi Makan Diam Demi Hindari Penularan Virus Corona di Jepang

"Gubernur tentu juga akan memberikan dukungan penuh, apalagi juga di beberapa daerah, di Jawa - Bali masih tinggi. Mudah - mudahan dua minggu ke depan, kita akan lihat hasilnya," pungkas Riza.

Pemerintah Pusat memutuskan memperpanjang Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari 2021. Sebelumnya PPKM berlaku dari 11 - 25 Januari 2021. 

Perpanjangan ini diputuskan berdasarkan hasil evaluasi terkait perkembangan kasus positif Corona sejak PPKM diberlakukan.

Setelah PPKM berlaku efektif di  7 provinsi dan 73 Kabupaten/kota, masih ada 29 kabupaten/kota yang beresiko tinggi, dan 41 kabupaten/kota punya tingkat resiko sedang.

Baca juga: Akibat Corona, Sedikitnya 900 Perusahaan Jepang Bangkrut dalam Setahun Terakhir Ini

Baca juga: Pria Ditangkap karena Tinggal di Bandara Selama 3 Bulan Pakai ID Palsu, Takut Pulang karena Corona

Terhadap 7 provinsi yang menerapkan PPKM, masih terjadi peningkatan kasus di 5 provinsi. Antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Hanya 2 provinsi yang alami penurunan kasus yaitu Banten dan Yogyakarta.

"Berdasarkan evaluasi tersebut bapak Presiden meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan dari tanggal 26 (Januari) sampai dengan tanggal 8 Februari 2021," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas dengan Presiden, Kamis, (21/1/2021).

Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas