Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 1 Juta, Pemerintah Diminta Cegah Dampak Psikologis Masyarakat

Lestari Moerdijat meminta pemerintah memperhatikan dampak psikologis masyarakat, seiring kasus positif Covid-19 kini tembus 1 juta.

Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 1 Juta, Pemerintah Diminta Cegah Dampak Psikologis Masyarakat
MPR RI
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta pemerintah memperhatikan dampak psikologis masyarakat, seiring peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 yang kini menembus 1 juta kasus.

"Kesegeraan dalam merealisasikan sejumlah perbaikan penanganan dan realisasi bantuan terhadap masyarakat, serta usaha terdampak sangat penting agar dampak psikologisnya tidak melebar ke mana-mana," kata Lestari dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Tembus 100 Juta Kasus Positif Covid-19 di Dunia

Berdasarkan situs Worldometers.info, kata Lestari, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia berada di peringkat 19 dunia, kemudian di peringkat empat Asia, dan tertinggi di Asia Tenggara.

"Ini bisa menimbulkan berbagai macam tafsir di tengah masyarakat terhadap upaya pengendalian penyebaran virus corona yang dilakukan selama ini," ucap Rerie sapaan Lestari.

Karena itu, Rerie meminta para pemangku kepentingan harus benar-benar menunjukkan komitmennya kepada masyarakat dalam pengendalian penyebaran Covid-19.

Baca juga: Seusai Jalani Vaksin Covid-19 Tahap Kedua, Raffi Ahmad Ucap Syukur Doa untuk Jokowi: Alhamdulillah

Komitmen tersebut, kata Rerie, bisa dimulai dari realisasi bantuan sosial kepada keluarga pra sejahtera, berbagai insentif terhadap usaha, hingga bantuan langsung tunai terhadap keluarga, serta pekerja yang terdampak pandemi.

Baca juga: Simak 8 Penjelasan Analis tentang Vaksin Covid-19 Berikut Ini

Terlebih, pemerintah sudah memastikan program perlindungan sosial atau bantuan sosial untuk akselerasi pemulihan, dan transformasi ekonomi pasca pandemi Covid-19 dilanjutkan pada 2021 dengan anggaran sebesar Rp 408,8 triliun.

"Terpenting adalah segera memperbaiki sejumlah strategi yang dinilai kurang berhasil dalam pengendalian penyebaran Covid-19. Antara lain upaya test, tracing dan treat harus ditingkatkan secara masif dan akurat," katanya.

Ikuti kami di
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas