Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Pemprov DKI Mulai Vaksin Kelompok Lansia, 60 Ribu Dosis Didistribusi ke 44 Kecamatan

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengaku telah menerima vaksin dari pemerintah pusat sebanyak 60 ribu dosis untuk lansia.

Pemprov DKI Mulai Vaksin Kelompok Lansia, 60 Ribu Dosis Didistribusi ke 44 Kecamatan
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI NAKES LANSIA - Salah satu nakes lansia di RS Husada Utama saat mengikuti vaksinasi, Senin (8/2). RS Husada Utama mulai melakukan vaksinasi kepada nakes lansia dimana hari pertama diikuti 22 nakes lansia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok masyarakat lansia, pada Jumat (19/2/2021) ini.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengaku telah menerima vaksin dari pemerintah pusat sebanyak 60 ribu dosis untuk lansia.

Pendistribusian juga langsung diberikan baik itu ditingkat kota, dan tingkat fasilitas kesehatan masing - masing.

"Kami akan segera memberikan layanan kepada Lansia hari ini, karena vaksinnya baru datang subuh tadi. Langsung kita siapkan lokasinya dan akan didistribusikan di tingkat kota, lalu ke tingkat faskes masing-masing," kata Widyastuti dalam diskusi virtual, Jumat.

Jika vaksin tahap pertama untuk tenaga kesehatan menggunakan single dose berisi 0,5 cc per vial per orang, maka vaksin tahap kedua ini menggunakan sistem multi dose.

Kata Widyastuti, vaksin tersebut adalah produk yang sama namun diformulasikan lagi oleh Bio Farma dengan nama Covid Bio.

Baca juga: Giliran Petugas Layanan Publik dan Lansia Divaksin Covid-19, Tak Perlu Daftar Ulang, Cukup Sebut NIK

"Vaksin ini bahan dasarnya sama, namun diformulasikan kembali oleh Bio Farma, namanya COVID Bio dan dikemas dalam bentuk satu botol berisi 5 cc untuk 10 orang, jadi multi dose. Pada praktiknya biasanya terpakainya untuk 8-10 orang," ungkap dia.

Berdasarkan data per 12 Februari 2021, jumlah sasaran lansia dan petugas publik di DKI Jakarta sebesar 2.641.541 atau 2,6 juta orang. 

Sementara itu, jumlah vaksinator yang dipersiapkan sebanyak 1.600 orang. Mereka sudah disebar di 44 kecamatan dan 512 fasilitas kesehatan. 

"Kami juga secara paralel sedang berproses untuk menambah jumlah vaksinator dengan berkoordinasi bersama organisasi profesi dan asosiasi RS/Klinik," ucap Widyastuti.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas