Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Erick Thohir Berharap Jadwal Bio Farma Terima Bibit Vaksin Merah Putih Maret 2021 Tak Meleset

Pembuatan vaksin Covid-19 asli Indonesia terus berlangsung. Bio Farma diharapkan menerima bibit vaksin Merah Putih dari Lembaga Eijkman pada Maret ini

Erick Thohir Berharap Jadwal Bio Farma Terima Bibit Vaksin Merah Putih Maret 2021 Tak Meleset
Tribunnews/Jeprima
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di ruang rapat Komisi VI DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). Pada kesempatan tersebut, Erick Thohir membahas mengenai pelaksanaan pembelian vaksin Covid-19. kabar terbarunya, Erick Thohir Berharap Jadwal Bio Farma Terima Bibit Vaksin Merah Putih Maret 2021 Tak MelesetTribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pembuatan vaksin Covid-19 asli Indonesia terus berlangsung. Bio Farma diharapkan menerima bibit vaksin Merah Putih dari Lembaga Eijkman pada Maret 2021.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan informasi terbaru ini dalam paparan vaksin ini yang berlangsung secara daring, Selasa (23/2/2021).

Erick berharap jadwal ini tak meleset.

"Kabar terakhir Eijkman akan memberikan seed vaksin kepada Bio Farma sesuai target di kuartal I-2021. jadi pada Maret diharapkan on time," kata Menteri Erick.

Baca juga: Hotman Paris Akhirnya Terima Vaksin Covid-19, Sebut Sempat Dicegah: Banyak Teman yang Masih Ragu

Baca juga: Menteri Erick Umumkan Perkembangan Terbaru Vaksin Merah Putih

Lembaga Eijkman adalah lembaga penelitian biologi molekuler berstatus satuan kerja di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

“Dan kami akan lakukan uji klinis dari vaksin atau seed vaksin yang sudah diberikan oleh Eijkman nantinya," ujar Erick.
Sebelumnya, Bio Farma telah menyatakan siap menerima bibit vaksin dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Menurutnya, jika vaksin ini selesai dan telah melewati tiga tahapan uji klinis, vaksin buatan anak negeri ini akan diproduksi massal.

“Kalau semuanya berjalan lancar kita bisa memproduksi sendiri vaksin merah putih di Kuartal I 2022. Jadi kalau kita lihat tadi vaksin di 2021 sudah secure, kita sekarang pemerintah juga tengah memikirkan pengadaan vaksin di 2022 bisa dijalankan dengan penemuan vaksin merah putih,” kata Erick.

Ia menegaskan, Pemerintah melalui pihaknya, sangat serius dalam pengadaan vaksin untuk seluruh masyarakat Indonesia. Jika target ini berjalan sesuai rencana, pemerintah tak perlu banyak mengimpor vaksin Covid-19 di 2022.

Pemerintah telah mengamankan 344 juta vaksin Covid-19 dari luar negeri tahun ini.

“Kalau vaksin merah putihnya bisa ditemukan lebih awal, tentu pengadaannya tidak sebanyak tahun ini,” katanya. (Tribun Network/kps/Bambang Ismoyo)

Ikuti kami di
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas