Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Pakar Epidemiologi Ungkap Penyebaran Vaksinasi Hanya Ilusi

dr. Pandu Riono, MPH., Ph.D memaparkan vaksinasi yang dilakukan pemerintah untuk seluruh masyarakat Indonesia hanyala ilusi. 

Pakar Epidemiologi Ungkap Penyebaran Vaksinasi Hanya Ilusi
screenshot
Webinar Forum Diskusi Salemba Universitas Indonesia bertajuk Strategi Indonesia dalam Proses Vaksinasi Mandiri Covid-19, Rabu (3/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Nur Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Forum Diskusi Salemba Universitas Indonesia selenggarakan webinar yang bertemakan Strategi Indonesia dalam Proses Vaksinasi Mandiri Covid-19 pada Rabu (3/3/2021).

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia dr. Pandu Riono, MPH., Ph.D memaparkan vaksinasi yang dilakukan pemerintah untuk seluruh masyarakat Indonesia hanyalah ilusi. 

“Setiap orang kita harus melakukan vaksinasi keseluruh penduduk Indonesia, apa mungkin? Dalam kurun waktu 1 tahun, menurut tim kita itu tidak mungkin dan hanya ilusi,” kata Pandu. 

Hal tersebut seharusnya dapat merubah konsep dimana tujuan dari vaksinasi salah satunya adalah untuk mengatasi pandemi.

"Kita harus memikirkan tujuannya (vaksin) salah satu adalah untuk mengatasi pandemi itu tidak bisa dibantah, dan ketika orang bicara bagaimana mengatasi pandemi setiap orang membicarakan tentang konsep yang namanya herd immunity, kekebalan dari tingkat komunitas, dari presiden sampai rakyat kecil mau divaksin untuk mencapai herd immunity, tanpa memahami apa sih artinya, nah ini yang menurut saya juga banyak orang tidak tau apa tujuannya," kata Pandu.

Dirinya juga mengatakan yang terpenting saat ini adalah mengendalikan pandemi, sebab virus Covid-19 sudah ada sejak satu tahun lalu telah dirasakan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Mulai Hari ini 1.356 Personel di Polres Jakarta Selatan Disuntik Vaksin Covid-19

“Sebaiknya gimana ? nggak usah ngomong herd immunity lah, yang penting kita mengendalikan pandemi, jadi pandemi ini harus terkendali kita sudah satu tahun (Covid-19),” katanya.

Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu.

Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi.

Ikuti kami di
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas