Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Ada Mutasi Corona B117, Jubir Kemenkes : Vaksinasi Jalan Terus

higga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahqa virus mutasi Covid-19 ini memiliki tingkat keganansan dibanding virus Covid-19 yang awal

Ada Mutasi Corona B117, Jubir Kemenkes : Vaksinasi Jalan Terus
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas medis Dinas Kesehatan Kota Bandung menyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama kepada pekerja/pedagang pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di 23 Paskal Shopping Centre, Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/3/2021). Pemerintah Kota Bandung mulai melakukan vaksinasi Covid-19 tahap kedua kepada para pekerja dan pedagang di pusat perbelanjaan atau mal yang masuk kategori pelayanan publik, sebagai bentuk konkret dalam menjaga kedinamisan kegiatan perdagangan. Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap kedua dosis pertama di mal ini diberikan kepada 200 pelayan yang bertugas langsung dengan publik. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan terus melanjutkan program vaksinasi Covid-19 bertahap bagi 181,5 juta penduduk Indonesia, meski ada temuan strain baru virus corona B.1.1.7.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, para peneliti yang mendalami mutasi B.1.17 mengonfirmasi bahwa efektivitas inokulasi terhadap virus masih ada di level yang bisa diterima sehingga sejauh ini belum mengganggu kinerja vaksin.

“Vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus sehingga tidak akan mempengaruhi kekebalan kelompok,” ujar dr. Nadia seperti dikutip dari keterangan Kemenkes, Jumat (5/3/2021).

Ia mengatakan, higga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahqa virus mutasi Covid-19 ini memiliki tingkat keganansan dibanding virus Covid-19 yang awal

"Beberapa penelitian di negara lain menunjukkan varian virus baru ini lebih cepat menular," ujar Nadia

Kemenkes mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu resah, namun harus tetap waspada.

Baca juga: Update Vaksinasi 5 Maret : 2,4 Juta orang Terima Suntikan Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Menjelang libur panjang akhir pekan ini diharapkan masyarakat untuk menahan diri dan tidak bepergian.

"Kami mengimbau masyarakat harus lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan harus lebih diperketat, serta mensukseskan program vaksinasi Covid-19," pesan perempuan berhijab ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg Oscar Primadi MPH menyebut bahwa efektivitas vaksin Covid-19 yang ada belum memiliki pengaruh dengan adanya strain baru ini.

Sehingga vaksinasi yang ditargetkan rampung selama 12 bulan tetap berjalan, meski dalam kewaspadaan.

"Tidak akan ada hal-hal yang dikhawatirkan berlebihan. Jangan terlampau resah," pesannya

Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas