Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Menkes Budi Gunadi Sadikin Beberkan Alasan Dukung Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

(Menkes) Budi Gunadi Sadikin membeberkan alasan pihaknya mendukung dibukanya kembali pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Menkes Budi Gunadi Sadikin Beberkan Alasan Dukung Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
UJI COBA PTM - Sebanyak 18 siswa kelas IX SMPN 1 Surabaya saat mengukuti materi pelajaran IPA pada uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Senin (7/12). Rencananya Pemkot Surabaya menggelar uji coba PTM selama 2 minggu di 14 SMP negeri dan swasta guna persiapan sekolah tatap muka yang diinstruksikan kemendikbud pada Januari 2021. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membeberkan alasan pihaknya mendukung dibukanya kembali pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Budi Gunadi mengatakan pandemi sudah dialami umat manusia berulang kali, namun umat manusia terbukti selalu dapat beradaptasi.

Karena menurutnya semua pandemi berskala waktu panjang hampir tidak ada pandemi yang dapat selesai hanya dalam waktu satu tahun.

“Kolera, TBC, HIV pun sekarang masih ada (virusnya), meski sudah ada 100 tahun lebih,” kata Menkes di konferensi pers SKB 4 Menteri terkait PTM di Sekolah, Selasa (30/3/2021).

Yang harus dilakukan menurutnya adalah perubahan perilaku menjadi lebih bersih dan sehat, termasuk menerapkan protokol kesehatan.

Badan Kesehatan Dunia WHO telah menjelaskan 4 strategi yang harus dijalankan secara bersamaan untuk mengatasi pandemi, termasuk salah satunya perubahan perilaku.

“Yang harus dilakukan adalah perubahan perilaku, melakukan standar protokol kesehatan dan melakukan cara hidup baru,” ujarnya.

Strategi kedua yakni mendefinisikan protokol kesehatan yang dimaksud ke dalam masing-masing sektor, termasuk pada sektor pendidikan yang harus dikomunikasikan pihak-pihak terkait.

Termasuk antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan Indonesia.

Mendeteksi juga menjadi bagian penting dalam meningkatkan pelacakan dan kontak erat.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas