Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pentingnya Medical Check Up Saat Pandemi Covid-19

Medical Check Up justru sangat dibutuhkan di masa-masa masyarakat sensitif akan kesehatannya seperti pandemi ini

Pentingnya Medical Check Up Saat Pandemi Covid-19
net
Ilustrasi medical check up 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah lebih dari setahun semenjak Indonesia memasuki masa pandemi. Selama program vaksinasi nasional masih berjalan secara bertahap, di saat yang sama tes diagnosa COVID-19 masih terus dilaksanakan.

Saat ini sudah banyak sekali metode screening COVID-19, dari rapidtest Antigen, PCR swab, hingga saat ini Genose-19 yang paling baru.

Akan tetapi, kecemasan masyarakat akan COVID-19 membuat mereka berpikir sudah cukup untuk melakukan tes screening COVID-19 dan Vaksin saja.

Padahal hal utama yang diserang virus ini adalah kesehatan mereka sendiri.

Di sinilah sebenarnya peran pemeriksaan kesehatan dibutuhkan untuk menilai risiko terhadap kesehatan.

Baca juga: Indonesia Darurat Limbah Tekstil, Upcyle Fashion Jadi Solusi

Dokter Klinik Medika Plaza,  dr. Restu Natasya mengatakan, pemeriksaan swab PCR sejatinya digunakan untuk mengkonfirmasi status pasien apakah positif atau negatif Covid-19.

Untuk status kesehatan sendiri sebaiknya diperiksa menyeluruh melalui Medical Check Up secara berkala.

"Selama kita mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri, kita dapat mengetahui cara yang tepat untuk menangani penyakit atau mengambil tindakan preventif.

Apalagi pada kasus COVID-19, faktanya banyak sekali pasien COVID-19 yang tidak mengetahui mereka memiliki penyakit komorbid," ucapnya.

Fakta menunjukan covid-19  jauh lebih berbahaya menyerang orang dengan kondisi kesehatan yang kurang baik, terlebih mempunyai penyakit bawaan atau komorbid.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernih

"Oleh karena itu, Medical Check Up justru sangat dibutuhkan di masa-masa masyarakat sensitif akan kesehatannya seperti pandemi ini," katanya.

Dengan rutin melakukan Medical Check Up untuk diri sendiri dan keluarga minimal 1 tahun sekali, kemungkinan adanya penyakit yang dapat menyerang tubuh bisa dicegah sedini mungkin sebelum kondisinya semakin parah.

Diagnosa penyakit yang tepat dan pengobatan yang sesuai akan sangat membantu dalam penanggulangan penyakit.

Medika Plaza yang saat ini melayani screening COVID-19, juga mempunyai layanan pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up.

Pengalaman 20 tahun lebih di bidang Occupational Health & Safety (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) membuat Medika Plaza dipilih sebagai partner kesehatan untuk pekerja Indonesia.

Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas