Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belajar dari India, Menkes Ingatkan Lonjakan Kasus Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan, meski Indonesia masuk daftar negara dengan capaian vaksinasi terbesar

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Belajar dari India, Menkes Ingatkan Lonjakan Kasus Covid-19
Istimewa
Ilustrasi: SehatQ dan Pemprov Banten dalam menghadirkan sentra vaksinasi di pusat perbelanjaan QBig di BSD City, Tangerang. Kolaborasi ini merupakan bentuk akselerasi program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat yang lebih luas 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan, meski Indonesia masuk daftar negara dengan capaian vaksinasi terbesar, lonjakan kasus Covid-19 masih mungkin terjadi.

Ia menekankan hal itu, setelah melihat banyak negara di Eropa dan Asia khususnya India, Filipina, Papua Nugini, juga di negara Amerika Selatan seperti Chili dan Brazil,
mengalami kenaikan kasus aktif Covid-19 yang drastis.

"Perlu saya ingatkan di sini. Jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita tidak waspada. Jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita lengah kenapa karena virus Covid-19 masih menular dan masih ada," ujarnya dalam Keterangan Pers Pemerintah yang disiarkan virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Atalia Praratya Positif Covid-19, Begini Cara Ridwan Kamil Hibur sang Istri Agar Imunnya Naik

Mantan wakil menteri BUMN ini berharap protokol kesehatan 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan harus terus diterapkan.

"Sekali lagi jangan sampai program vaksinasi yang sudah berjalan program PPKM mikro yang sudah berjalan yang bisa menurunkan kasus, membuat kita menjadi tidak waspada, membuat kita menjadi tidak hati-hati, karena lonjakan bisa terjadi lagi," harap Budi.

Budi pun menyinggung, capaian vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) yang masih rendah.

BERITA TERKAIT

Nantinya selama bulan ramadan ini pemerintah akan memprioritaskan lansia untuk menerima suntikan vaksin Covid-19.

Baca juga: Menkes: Selama Ramadan Vaksinasi Covid-19 Diprioritaskan pada Lansia

"Sekali lagi tetap menjalankan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dan mejaga jarak terus kita vaksinasi terutama para lansia," tuturnya.

Diketahui, hingga Sabtu (17/4) lebih dari 16,6 juta dosis vaksin telah diterima dengan kapasitas penyuntikan lebih dari 500.000 orang setiap harinya.

Indonesia menjadi urutan ke delapan negara di dunia yang melaksanakan program vaksinasi dengan cepat.

Vaksinasi dosis pertama bagi petugas publik hampir mencapai setengahnya (41,19%) atau lebih dari 7,1 juta dosis dan (20,99%) 3,6 juta dosis kedua.

Sementara vaksinasi lansia masih perlu didorong karena baru mencapai 10,2% atau 2,1 juta pada dosis 1 dan 4,3% atau 929 ribu untuk dosis 2.

Baca juga

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas