Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Jokowi Minta Kepala Daerah Waspada, 10 Daerah Mulai Terjadi Kenaikan Kasus Covid-19, Ini Daftarnya

-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Kepala Daerah untuk tidak kehilangan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

Jokowi Minta Kepala Daerah Waspada, 10 Daerah Mulai Terjadi Kenaikan Kasus Covid-19, Ini Daftarnya
Ist
Presiden Joko Widodo. Jokowi Minta Kepala Daerah Waspada, 10 Daerah Mulai Terjadi Kenaikan Kasus Covid-19, Ini Daftarnya 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Kepala Daerah untuk tidak kehilangan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.
Presiden meminta kepala daerah memperhatikan secara seksama angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

"Hati-hati sekecil apapun kasus aktif yang ada di provinsi, di kabupaten, di kota yang Bapak Ibu Pimpin, jangan kehilangan kewaspadaan ikuti angka-angkanya.

Baca juga: Virus Corona Varian B1617 India Telah Menyebar di 17 Negara, Ini Penyebab Terjadi Tsunami Covid-19

Baca juga: Klaster Covid-19 Perkantoran dan Kemacetan Meningkat, Diduga Pemicunya Merasa Aman Sudah Divaksin

Ikuti kurvanya, ikuti harian, begitu naik sedikit segerakan untuk ditekan kembali agar terus menurun," kata Jokowi pada acara pengarahan Kepala Daerah Se-Indonesia yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, (29/4/2021).

ILustrasi. Ruang perawatan bagi pasien covid-19. Merespon peningkatan kasus Covid-19, Siloam Hospitals Group menyiapkan 100 tempat tidur isolasi dan ICU Covid-19 di Siloam Hospitals Kelapa Dua, Tangerang dan Mampang, Jakarta Selatan.
ILustrasi. Ruang perawatan bagi pasien covid-19. M.Jokowi Minta Kepala Daerah Waspada, 10 Daerah Mulai Terjadi Kenaikan Kasus Covid-19, Ini Daftarnya (HO/IST)

Jokowi mengatakan beberapa daerah kini mulai mengalami peningkatan penyebaran Covid-19. Diantaranya yakni Sumatera Selatan ,Aceh, Lampung Jambi, Kalbar, NTT, Riau, Sumbar, Bengkulu, Kepri.

"Hati-hati ada kenaikan, karena grafis dan kurva, harian itu selalu kita ikuti," katanya.

Jokowi mengatakan secara keseluruhan pengendalian Covid-19 di Indonesia mulai membaik.

Kasus harian Covid-19 saat ini berada pada angka 4 ribu samai 6 ribu kasus setelah pada Januari lalu sempat mencapai 15 ribu perhari.

Ilustrasi pasien Covid-19 - Tiga orang dari satu keluarga yang terdiri dari seorang ibu hamil, ayah, serta ibunya maninggal di Surabaya karena positif Covid-19 dan berstatus PDP.
Ilustrasi pasien Covid-19 - Jokowi Minta Kepala Daerah Waspada, 10 Daerah Mulai Terjadi Kenaikan Kasus Covid-19, Ini Daftarnya. (EPA-Efe/STR)

Tingkat keterisian tempat tidur perawatan Covid-19 di RS, saat berada di angka 25-56 persen, setelah pada Januari lalu sempat berada di atas 80 persen.

Oleh karena Presiden mengatakan penyebaran Covid-19 yang bisa dibilang terkendali ini jangan sampai rusak karena masyarakt masih nekad mudik pada Idul Fitri 2021.

"Jadi sekali lagi hati-hati dengan mudik lebaran, hati-hati, cek, kendalikan," katanya.

Presiden minta Kepala Daerah berkaca pada kondisi yang terjadi di India.

Negara di Asia Selatan tersebut mengalami lonjakan penyebaran Covid-19 yang eksponensial karena hilangnya kewaspadaan.

Kasus Covid-19 di India yang awalnya rata-rata 10 ribu kasus perhari kini menyentuh angka 350 ribu per hari.

"Ini yang menjadi kehati-hatian kita semuanya, hati-hati dengan perkembangan yang ada di India, dan juga tidak hanya di India, ada di Turki, kemudian ada di Brazil dan beberapa di Uni Eropa," pungkasnya.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas